Bikin Link Absen Di Google Form

Bikin Link Absen Di Google Form – Google Form merupakan salah satu aplikasi Google yang dapat digunakan guru untuk mencatat kehadiran siswa di kelas. Selain Google Form, Google Docs dan Google Sheets menjadi fitur favorit hampir semua orang karena dapat diakses secara gratis melalui browser atau smartphone.

Dengan fitur ini, guru dapat dengan cepat dan mudah mengumpulkan informasi kemudian secara otomatis menyimpannya ke spreadsheet Google Formulir pemilik.

Bikin Link Absen Di Google Form

Bikin Link Absen Di Google Form

Tidak hanya itu, data dalam spreadsheet dapat diedit sebelum diproses lebih lanjut. Tentunya dengan semua fitur tersebut, guru menjadi mudah dalam melakukan absensi siswa.

Tutorial Langkah Langkah Membuat Soal Kuesioner Dengan Google Form

Google Form dapat membuat absensi menjadi sangat mudah dan praktis. Oleh karena itu, fitur ini banyak digunakan terutama di situasi epidemi seperti sekarang. Berikut beberapa kelebihan Google Form untuk kehadiran online.

Dengan Google Formulir, Anda dapat membagikan kehadiran secara online, sehingga tidak perlu mencetaknya di atas kertas. Tentu saja ini menghemat uang untuk kertas dan tinta.

Bapak/Ibu dapat menikmati layanan Google Forms secara gratis. Dengan cara ini, sekolah tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli aplikasi atau membuat layanan produksi. Sekolah dapat menggunakan fitur Google Form ini secara gratis.

Absensi yang dibuat melalui Google Formulir dapat dibagikan kepada siswa melalui email atau tautan. Google Formulir sangat mudah dibuat atau digunakan.

Cara Membuat Absensi Di Google Form

Selain itu, seluruh jawaban responden otomatis tersimpan di Google Drive guru.

Google Forms berbeda dengan program lainnya karena merupakan program yang ringan untuk komputer. Selama jaringan tidak diblokir, Anda dapat menggunakannya tanpa masalah.

Keuntungan lain dari Google Formulir adalah dapat dibagikan ke berbagai platform. Fitur ini pastinya sangat berguna terutama saat membuat formulir absensi.

Bikin Link Absen Di Google Form

Anda dapat mengumpulkan informasi kapan saja. Karena data disimpan di Google Drive, maka dianggap aman. Jangan takut kehilangan atau menghapus data Anda, bukan? Selain itu, orang lain tidak dapat mengubah informasi di dalamnya.

Ketahui Bagaimana Cara Buat Absensi Di Google Form Yang Benar

Jika Anda sudah menyebutkan kelebihan Google Form, sebaiknya guru juga mengetahui kekurangan dari fitur Google ini.

Meski membawa banyak kelebihan dan manfaat, Google Form tetap mempunyai banyak potensi yang merugikan penggunanya. Berikut kekurangan menggunakan Google Form untuk absensi.

Salah satu kelemahan Google Formulir adalah ketidakmampuan untuk menggunakannya dalam forum diskusi online. Mungkin jika Google membuat Google Form untuk digunakan dalam forum diskusi online, itu akan menjadi sempurna.

Kekurangan Google Form lainnya adalah tidak adanya ekspresi. Anda tidak dapat menggunakan Google Formulir untuk pertanyaan atau jawaban matematika karena formulir tersebut menggunakan ekspresi atau simbol matematika. Namun, fitur ini saat ini belum disiapkan di Google Formulir.

Membuat Form Kehadiran Dengan Tandatangan

3. Anda dapat memasukkan judul dan deskripsi di formulir sesuai kebutuhan Anda. Klik pada bagian “Formulir Tanpa Judul” dan isi judul yang ingin Anda berikan. Setelah itu klik bagian “Form Details” dan ketikkan detail ketidakhadiran seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

4. Bila ingin membuat kolom “Nama Siswa” dapat diketikkan pada baris “Pertanyaan Tanpa Judul”. Guru dapat mengubah pilihan jawaban menjadi format jawaban singkat dan siswa dapat mengaktifkan fitur wajib.

6. Selanjutnya isi kolom header dan lakukan sesuai keinginan. Untuk memberi nama hari dalam jadwal, Anda dapat menggunakan “pilihan ganda” di sisi kanan.

Bikin Link Absen Di Google Form

7. Untuk mengganti nama opsi di atas, klik Ganti Nama. Misalnya hari yang akan dibuat pada contoh adalah Selasa dan Jumat. Jika Anda ingin menambahkan jawaban, klik pada bagian “Tambahkan Pilihan”.

Cara Membuat Sertifikat Online Dengan Google Form

8. Jangan lupa mengisi kolom judul formulir di pojok kiri atas, kemudian setelah selesai klik tombol “Kirim” di pojok kanan atas untuk menghasilkan link.

9. Setelah ini akan muncul pilihan. Guru dapat membagikan formulir ini atau membagikan tautannya di email beberapa siswa. Formulir Absensi ini akan dibagikan kepada seluruh siswa di kelas, klik icon link Share.

10. Anda dapat mempersingkat tautan dengan mencentang bagian “URL Pendek”. Setelah itu, klik tombol “Salin” dan bagikan. Secara otomatis, link tersebut akan tercopy.

11. Anda tidak perlu menyimpan formulir ini karena akan otomatis tersimpan di Google Drive. Selesai, Formulir Absensi sudah berhasil dibuat.

Mudah Nak Cari Semula”, Cikgu Kongsi Cara Guna Google Form ‘step By Step’, Lebih Senang Kutip “home Work” Pdpr

Jika Anda ingin membuat kehadiran dengan informasi seperti sakit, izin, atau informasi lainnya, metode membuat kehadiran di Google Formulir ini bisa digunakan.

Biasanya formulir ini diisi oleh guru mata pelajaran agar sekolah dapat mengumpulkan data tersebut secara praktis. sebagai berikut:

2. Isikan baris dengan nama siswa dan kolom dengan menggunakan informasi kehadiran yang tersedia. Jangan lupa, aktifkan fitur tersebut agar setiap baris perlu terisi.

Bikin Link Absen Di Google Form

Setelah mengetahui cara membuat absensi di Google Form, apakah datanya bisa diunduh? Tentu aku bisa. Anda dapat menyimpannya sebagai spreadsheet untuk menghasilkan laporan. Simak caranya dibawah ini ya.

Cara Membuat Absensi Online Menggunakan Zoho Form

3. Klik tombol “Buat” dan guru secara otomatis akan diarahkan ke halaman Google Spreadsheet. Di dalamnya Anda dapat melihat data yang diisi pada formulir yang dibuat seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Berikut cara membuat presensi di Google Formulir. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menjalankan tugas anda sebagai seorang guru.

Sekali lagi, Anda dapat mencoba Premium School (QSP). Melalui QSP, kebutuhan guru dan siswa dapat terpenuhi dengan baik karena banyak fitur pendukung yang tersedia.

Jangan khawatir tentang proses belajar menggunakan fitur-fiturnya pak/bu. Karena QSP memberikan dukungan penuh melalui bimbingan dari awal hingga akhir selama 1 tahun akademik.

Membuat Absen Online Dengan Google Form Dan Terekap Otomatis

Apakah Anda ingin mencobanya atau mempelajari lebih lanjut? Hubungi QSP melalui telepon atau WhatsApp di 0811 1785 309 atau 0811 9941 637 atau kunjungi websitenya di sini.

Untuk terus mengetahui perkembangan dunia pendidikan di era modern, rajinlah mengunjungi blog ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Bapak/Ibu! Di era digital saat ini, formulir kehadiran online seperti Google Formulir adalah salah satu solusi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola kehadiran dibandingkan metode tradisional.

Google Formulir dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja karena tidak memerlukan pengetahuan teknis mendalam untuk membuat atau mengelola formulir kehadiran.

Bikin Link Absen Di Google Form

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan Google Form, Anda dapat dengan mudah membuat presensi yang praktis dan efektif.

Cara Membuat Absen Absensi Daftar Hadir Di Google Form Gform

Simak penjelasan langkah demi langkah cara mengajukan absensi online menggunakan Google Form di bawah ini

Pertama, buka browser web Anda dan akses halaman Google Formulir atau klik di sini. Pastikan Anda masuk dan masuk ke akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Setelah masuk ke halaman Google Forms, klik tombol “+ Blank” atau “Create” untuk membuat form baru. Anda akan dibawa ke tampilan pengeditan formulir.

Setelah itu isi judul formulir tersebut, misalnya “Daftar Hadir” atau “Daftar Absen Pegawai”. Anda juga dapat menambahkan deskripsi singkat.

Pemanfaatan Teknologi Digital Google Form Sebagai Daftar Hadir Dan Sekaligus Mencetak Sertifikat Pada Kegiatan Webinar Direktorat Ppg

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengganti kata “question” atau “untitled question” dengan “clock-in”. Masukkan tanggal di kotak kanan atas.

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan terkait ketidakhadiran seperti identitas, misalnya “nama lengkap”. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, seperti “bentuk singkat” untuk nama atau “pilihan ganda” untuk daftar nama.

Pada bagian “Pilihan Ganda” atau “Bentuk Singkat”, tambahkan pilihan atau pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan kehadiran Anda. Misalnya jika Anda menggunakan pilihan ganda, masukkan nama karyawan sebagai pilihan jawaban. Jika menggunakan formulir singkat, pegawai hanya perlu memasukkan nama lengkap.

Bikin Link Absen Di Google Form

Google Formulir memungkinkan Anda mengubah tampilan formulir sesuai preferensi Anda. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, gambar latar belakang atau mengatur tema warna. Klik opsi “Tema” di bagian atas halaman untuk mengakses pengaturan ini.

Google Form Membuat Daftar Hadir Pertemuan Online Dengan Mudah

Setelah menyiapkan formulir kehadiran, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” di sudut kanan atas halaman. Anda dapat mengirimkan tautan formulir melalui email, menyalin tautan untuk dibagikan melalui platform obrolan, atau menyematkan formulir ke situs web.

Setelah karyawan mengisi formulir kehadiran, Anda dapat melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan secara real time. Data tersebut dapat Anda akses melalui lembar Google Sheets yang dilampirkan pada formulir atau melalui halaman “Respon” pada halaman Google Formulir.

Salah satu fitur di Google Form yang dapat digunakan untuk memudahkan absensi adalah grid pilihan ganda. Fitur ini memungkinkan Anda membuat timesheet kehadiran karyawan dengan pilihan pilihan ganda yang lebih kompleks.

Klik tombol “+ Kosong” atau “Buat” untuk membuat formulir baru. Anda juga dapat memilih formulir yang sudah ada dari daftar formulir yang tersedia di akun Anda.

Tips Mengatasi Masalah Link Google Form Yang Tidak Bisa Dibuka

Klik pada kotak “Tambahkan Pertanyaan” untuk memasukkan pertanyaan pertama untuk absensi. Pilih jenis pertanyaan “Kisi Pilihan Ganda” dari daftar opsi.

Pada kolom “Pertanyaan”, masukkan pertanyaan terkait ketidakhadiran, misalnya “Pilih waktu kehadiran Anda”. Kemudian, pada kolom “Baris” dan “Kolom”, masukkan pilihan jawaban yang sesuai dengan ketidakhadiran Anda.

Misalnya pada kolom “Baris”, masukkan opsi waktu seperti “Pagi”, “Siang”, “Siang”. Pada kolom “Kolom”, masukkan opsi respons seperti “Saat ini”, “Tidak Tersedia”, atau “Diizinkan”.

Bikin Link Absen Di Google Form

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan seperti “Nama”, “Lokasi” atau “Tanggal” dengan mengklik tombol “Tambahkan Pertanyaan” di sebelah pertanyaan. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai untuk setiap pertanyaan tambahan yang Anda perlukan.

Cara Membuat Absen Di Google Form, 1 Menit Jadi!

Setelah formulir kehadiran Anda selesai, bagikan kepada seluruh karyawan dengan mengklik tombol “Kirim” di sudut kanan atas halaman.

Meskipun Google Form menawarkan banyak kelebihan yang dapat dinikmati oleh perusahaan, namun ada juga kekurangan Google Form dibandingkan dengan aplikasi absensi Android.

Kelemahan utama Google Formulir adalah tidak memiliki fitur pelacakan lokasi. Sementara itu, aplikasi presensi Android dapat menunjukkan lokasi pengguna dengan tepat menggunakan teknologi GPS.

Fitur lokasi ini berguna untuk mengidentifikasi lokasi karyawan saat melakukan absensi. Namun sayangnya Google Form

Cara Membuat Absen Di Google Form Untuk Kelas Online, Praktis!

Cara bikin absen google form, cara bikin link absen google form, link absen google form, buat link absen google form, cara buat link absen di google form, bikin absen google form, absen di google form, bikin google form untuk absen, cara bikin link absen di google form, bikin absen di google form, cara bikin absen di google form, membuat link absen di google form

Leave a Comment