Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form – Di masa pandemi Covid-19, pembelajaran tidak bisa dilaksanakan di sekolah seperti biasanya. Sesuai peraturan pemerintah, pelajar hanya bisa belajar melalui sistem online. Oleh karena itu, guru juga harus diwajibkan memberikan bantuan berupa Google.

Guru dan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet. Seluruh proses belajar mengajar di sekolah kini harus dilakukan secara online, termasuk kehadiran siswa. Untuk mencatat kehadiran siswa, guru dapat menggunakan fitur Google Form. Google Form adalah formulir digital yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu, salah satunya tersedia.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Membuat akun Google Forms tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah mengirimkan Google Formulir.

Cara Membuat Absensi Online Dengan Google Form

Biasanya guru melakukan pengawasan terhadap siswa sebelum proses pembelajaran online dimulai. Secara umum, guru dapat menggunakan catatan kehadiran. Bagaimana cara siswa mendaftarkan kehadiran online mereka? Dijawab dengan Google Formulir.

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom dengan nama siswa. Untuk membuatnya, klik kolom Judul dan Deskripsi di bawah, lalu ketik “Nama Mahasiswa” (1). Ubah pilihan jawaban menjadi “Jawaban Singkat” (2) dan aktifkan fungsi “Wajib” (3).

Kemudian tekan tombol “+” di sebelah kanan untuk membuat kolom tabel. Selanjutnya buat kolom seperti gambar di atas.

Dengan cara yang sama seperti di atas, Anda dapat mengklik tombol + atau ikon Duplikat jika ingin membuat kolom yang sama seperti sebelumnya. Tambahkan kolom deskripsi seperti terlihat pada gambar di atas. Anda dapat menambahkan berbagai jenis informasi tergantung pada aturan yang berlaku pada pekerjaan Anda.

Google Form Membuat Daftar Hadir Pertemuan Online Dengan Mudah

Menyalin tautannya sangat mudah. Untuk melakukan ini, klik “ikon tautan” yang ditempatkan di tengah. Klik “Short Link” dan “Copy Link”, link akan langsung tercopy. Guru kemudian dapat membagikan tautan tersebut kepada siswa.

Anda juga dapat menetapkan batasan dalam formulir Google terlampir. Membuat absensi di Google Form menggunakan istilah tersebut sangatlah mudah. Cari tahu cara melakukannya di bawah.

Cara membuat akun Google Formulir. Dengan observasi ini, guru pasti akan lebih mudah mengingat siswa yang ada dan yang tidak hadir.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Padahal, di ruang belajar mengajar ini, guru bisa memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi. Jika tidak maka proses belajar mengajar akan sulit.

Absensi Online Template Formulir

Menonton di Google Form sangat mudah bukan? Agar pembelajaran tetap lancar, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Di era digital seperti saat ini, pengambilan formulir online seperti Google Forms menjadi solusi yang dapat digunakan perusahaan untuk menggantikan cara tradisional.

Google Forms sendiri dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk membuat atau mengelola formulir publik.

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat partisipasi menjadi praktis dan efektif dengan bantuan Google Formulir.

Penjelasan langkah demi langkah cara mengisi absen online menggunakan Google Form di bawah ini

Cara Membuat Auto Fill Google Form

Pertama, buka browser Anda dan buka halaman Google Formulir atau klik di sini. Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mulai dengan membuatnya.

Setelah Anda masuk ke halaman Google Forms, klik tombol +Blank atau Create untuk membuat form baru. Anda akan melihat formulir edit.

Kemudian masukkan judul formulir, misalnya “Daftar Mendengarkan” atau “Daftar Absen”. Anda juga dapat menambahkan deskripsi singkat.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Langkah selanjutnya adalah mengganti kata “pertanyaan” atau “pertanyaan tanpa nama” dengan “panggilan”. Masukkan tanggal pada kolom di kanan atas.

Cara Membuat Absen Di Google Form

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan terkait ketidakhadiran, seperti identitas, misalnya “nama lengkap”. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, misalnya “Formulir Singkat” untuk nama atau “Pilihan Ganda” untuk daftar nama.

Pada bagian Pilihan Ganda atau Formulir Singkat, tambahkan opsi atau pilihan yang sesuai dengan kebutuhan penyerahan Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan pilihan ganda, masukkan nama opsi karyawan yang sesuai. Bila menggunakan formulir singkat, karyawan hanya perlu menyebutkan nama lengkapnya.

Google Formulir memungkinkan Anda mengubah tampilan formulir sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, gambar latar belakang, atau mengatur tema warna. Untuk mengakses pengaturan ini, klik opsi “Tema” di bagian atas halaman.

Setelah Anda melengkapi formulir entri, klik tombol Bagikan atau Kirim di kanan atas halaman. Anda dapat memilih bentuk tautan, menyalin tautan untuk dibagikan melalui platform chat, atau menggunakan formulir di website.

Membuat Form Absensi Menggunakan Google Form Lengkap Dengan Tanda Tangan

Setelah mengisi formulir kehadiran karyawan, Anda dapat melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan secara real time. Anda dapat mengakses data ini melalui Google Form atau melalui link “Balas” di halaman Google Form.

Salah satu fitur yang lebih ramah pengguna di Google Formulir adalah kisi pilihan ganda. Fitur ini memungkinkan Anda membuat daftar kehadiran karyawan dengan beberapa pilihan pilihan ganda.

Klik tombol +Kosong atau Buat untuk membuat formulir baru. Anda dapat memilih formulir yang ada dari daftar formulir yang tersedia di akun Anda.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Klik kolom Tambah Pertanyaan untuk memasukkan pertanyaan pertama untuk email. Dari daftar opsi, pilih jenis pertanyaan Kotak Pilihan Ganda.

Cara Membuat Google Form Via Laptop Dan Hp, Gampang Banget!

Pada kolom “Pertanyaan”, masukkan pertanyaan tentang ketidakhadiran, misalnya: “Pilih waktu kehadiran”. Kemudian, pada kolom Baris dan Kolom, masukkan opsi yang sesuai dengan ketidakhadiran Anda.

Misalnya, pada kolom “Perjalanan”, waktu akan dimasukkan sebagai “Pagi”, “Siang”, “Siang”, dll. Di kolom Kolom, masukkan opsi respons seperti “Hadir”, “Tidak Ada”, atau “Izin”.

Anda dapat menambahkan informasi tambahan seperti “nama”, “posisi” atau “tanggal” dengan mengklik tombol “Tambahkan pertanyaan” di sebelah pertanyaan. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai untuk setiap pertanyaan tambahan yang Anda inginkan.

Jika formulir kehadiran Anda sudah lengkap, klik tombol kirim di pojok kanan atas halaman dan bagikan ke seluruh karyawan.

Cara Membuat Absensi Online Menggunakan Google Formulir

Meskipun Google Formulir menawarkan beberapa keuntungan yang dapat dinikmati oleh bisnis, Google Formulir juga memiliki kelemahan yang harus dipertimbangkan saat membandingkan aplikasi crowdfunding Android.

Salah satu kelemahan utama Google Formulir adalah kurangnya fungsi pelacakan. Sedangkan headset Android dapat menggunakan teknologi GPS untuk mengetahui lokasi pengguna.

Fitur lokasi ini berguna untuk mengetahui di mana karyawan tersebut mendengarkan. Namun sayangnya, Google Formulir tidak menawarkan fitur yang memastikan kepatuhan tanpa pemantauan yang tepat dari lokasi berbeda.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Google Formulir memiliki kerentanan keamanan. Karena formulir dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan atau akses ke formulir tersebut, formulir ini rentan disalahgunakan.

Cara Membuat Google Form

Individu dapat dengan mudah memberikan formulir tautan untuk diisi orang lain tanpa adanya mekanisme verifikasi yang efektif.

Absensi online dengan aplikasi Android seringkali memberikan notifikasi real-time kepada administrator atau supervisor. Apabila terjadi ketidakhadiran, pemberitahuan akan segera dikirimkan kepada pihak pemberi bantuan.

Namun, tidak ada pemberitahuan langsung seperti itu di formulir Google. Informasi di luar kantor hanya tersedia setelah formulir diisi dan diserahkan secara manual.

Aplikasi absensi Android biasanya memiliki integrasi dengan sistem manajemen lainnya, seperti sistem sumber daya manusia atau sistem absensi. Hal ini membuat peralihan antar aplikasi menjadi mudah dan otomatis.

Membuat Absen Dan Rekap Absen Menggunakan Google Formulir

Namun, Google Formulir memiliki keterbatasan pada jenis integrasi ini. Pengguna harus melakukan ekstraksi data secara manual atau menggunakan langkah tambahan untuk memindahkan data yang relevan ke dalam sistem manajemen.

Ya, ada beberapa kelemahan menggunakan formulir online Google. Bagi Anda yang ingin mencoba layanan kencan online gratis berbasis Android, Anda bisa menggunakan layanan yang satu ini.

Ini memiliki fitur mendengarkan online yang memungkinkan karyawan merekam mendengarkan. Mudah digunakan: Karyawan cukup mengambil GPS Android/IOS dan menyalakannya.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Cara ini mengurangi penipuan diri sendiri dan tim HR dapat melihat lokasi setiap karyawan secara real-time melalui GPS. Jadi tidak perlu mengisi formulir wawancara online untuk mengumpulkan data audisi karyawan karena mengganggu.

Pdf) Perancangan Sistem Absensi Online Bagi Karyawan/ Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan Pada Divisi Costumer Care Menggunakan Aplikasi Google Form Tahun Akademik 2022/2023

Kehadiran dan sanksi disiplin bagi pegawai yang tidak masuk kerja selama 5 hari berturut-turut tim HR | 28 Mei 2020 | 6 menit untuk membaca

Absensi dan Disiplin Karyawan 5 Cara Efektif Menerapkan Sistem Kerja WFO dan WFH di HR Team Office | 23 Juli 2021 | 6 menit untuk membaca

Absensi dan Disiplin Karyawan vs Mesin Absensi: Kelebihan dan Kekurangan Tim HR Era Saat Ini | 7 Februari 2022 | 6 menit untuk membaca

Kehadiran dan Disiplin Pegawai Inilah Aturan WFH Terbaru di Tim SDM Wilayah Jakarta DKI 16 Februari 2022 | 6 menit untuk membaca

Cara Membuat Absen Siswa Online Dengan Cepat

Beberapa kegiatan kehadiran dan pelatihan. Departemen SDM perlu mengetahui cara berpartisipasi melalui WhatsApp! tim SDM | 7 Februari 2023 | 6 menit untuk membaca

Kalender Absensi dan Disiplin Kerja Karyawan 2022 untuk Mendorong Kinerja Tim HR Anda | 27 Desember 2021 | 6 menit membaca Sesuai dengan era digital saat ini, seluruh tugas administrasi diharapkan dapat diselesaikan secara online, termasuk absensi mahasiswa. Dalam hal ini, guru dapat melakukan absensi online dengan mudah dan gratis menggunakan Google Form, meskipun tidak sesulit menggunakan perangkat sidik jari atau aplikasi absensi lainnya.

2. Selanjutnya akan muncul halaman “Sign In” jika kita belum login ke akun Rasional kita seperti berikut.

Cara Membuat Absen Online Dengan Google Form

Atau jika sebelumnya sudah “Signed”, maka akan muncul halaman untuk memilih beberapa akun Google, yang kita gunakan “Sign in”. Klik salah satu akun kami yang ditampilkan di halaman. Kemudian klik Berikutnya”.

Cara Membuat Google Form Di Komputer Dan Handphone, Gini Caranya!

4. Lalu kita buka akun kita. Jika Anda belum membuat folder tempat kami mengumpulkan brosur reguler, mari buat foldernya terlebih dahulu. Direktori ini memudahkan kita mencari frekuensi file kapan saja.

Klik kanan diantara folder yang ada, maka akan muncul pilihan lain seperti pada gambar di bawah ini, lalu “Folder Baru”

5. Kemudian masukkan nama direktori, misal

Cara membuat absen google form, cara membuat absen online di google form, membuat absen dengan google form, absen online google form, cara membuat absen online menggunakan google form, membuat absen google form, absen dengan google form, cara membuat absen dengan google form, membuat absen online dengan google form, cara membuat absen online dengan tanda tangan di google form, membuat absen online google form, absen online dengan google form

Leave a Comment