Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan – Cara Membuat Absensi Karyawan dan Polanya di Excel – Bagaimana cara membuat absensi karyawan di Excel? Pertanyaan ini mungkin ada di benak Anda saat mencari atau menemukan artikel ini.

Bagi beberapa pemilik usaha kecil, kehadiran adalah faktor terpenting. Hal ini menyebabkan operasional kantor tidak terorganisir dimana karyawan tidak datang tepat waktu.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Banyak pengusaha pemula yang tidak mau menggunakan sistem absensi untuk bisnisnya karena biayanya yang mahal. Anda juga dapat menggunakan formulir partisipasi gratis dan mudah di Excel.

Pph 21 Terbaru 2024 Dan Contoh Perhitungan 21 Tarif Ter

Cara membuat spreadsheet di Microsoft Excel sebenarnya cukup sederhana. Anda perlu memahami cara menggunakan rumus “COUNTIF” dan alat “Pemformatan Bersyarat”. Kedua faktor ini sangat penting dalam menciptakan ketidakhadiran karyawan Excel bagi perusahaan.

Sementara itu, alat “pemformatan bersyarat” digunakan untuk memberikan simbol atau petunjuk ketika semua pernyataan hilang. Selanjutnya, Anda dapat menentukan bagaimana informasi kehadiran karyawan di Excel akan ditampilkan dengan menggunakan huruf atau warna sesuai dengan preferensi Anda.

Lembar absensi karyawan di excel biasanya dibuat secara instan untuk 30 hari atau 1 bulan ke depan. Oleh karena itu, Anda dapat menyalin dan menempelkan format awal ini untuk digunakan pada bulan-bulan berikutnya dengan sedikit penyesuaian agar sesuai dengan kalender kerja Anda.

Agar kalender ini lebih mudah dibaca, Anda dapat menggunakan karakter merah untuk menandai hari libur dan warna lain seperti hadiah, cuti, liburan, sakit, dan informasi ketidakhadiran.

Cara Membuat Absen Karyawan Excel Dan Contohnya

Karena Excel memiliki format yang non-fungsional seperti contoh di atas. Pada langkah selanjutnya, Anda dapat memberikan informasi tentang hari kerja setiap karyawan.

Misal, jika ada karyawan yang masuk kerja pada hari itu, Anda bisa menandainya dengan huruf H pada kolom yang tersedia. Untuk keterangan huruf C, pasien huruf S, persetujuan huruf I, dan diet huruf A.

Dengan fitur pemformatan bersyarat, Anda dapat membuat deskripsi H, I, S, C atau A dalam berbagai warna. Oleh karena itu, Anda menjadi mudah dalam mencatat data kehadiran karyawan di Excel setiap bulannya.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Cara menggunakan fitur conditional formatting sangat sederhana. Seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini, Anda hanya perlu memblokir semua kolom informasi yang hilang.

Lengkap! Ini Rumus Ranking Excel Dan Cara Buatnya

Kemudian, pada menu “Beranda”, klik tombol “Pemformatan Bersyarat” dan pilih “Sorot Aturan Sel”. Maka Anda perlu memilih aturan “Sama dengan …”

Jadi, jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menemukan kotak dialog yang menampilkan gambar di bawah ini.

Kolom kiri digunakan untuk mengisi huruf-huruf yang mewakili data yang hilang, di sebelah kanan Anda dapat memilih warna untuk mengisi sel dengan huruf di atas atau kolom yang hilang.

Pada contoh gambar di atas, kita menggunakan huruf H untuk mewakili masa kini, dan “formulir adat…” berwarna hijau diberikan untuk menunjukkan kehadiran karyawan.

Menghitung Gaji Karyawan Rumus Excel

Jika sel atau kolom yang sebelumnya tertutup diisi dengan huruf H, maka secara otomatis akan berubah menjadi hijau sesuai dengan format kustom yang ditentukan. Tentu saja, Anda dapat memilih warna apa saja sesuai keinginan Anda.

Jadi, Anda perlu melakukan hal yang sama untuk data offline lainnya saja. Mulai dari izin, hari raya, sakit dan pola makan. Namun, sekali lagi, Anda diberikan kebebasan memilih warna mana yang akan digunakan.

Menggunakan fitur “Conditional Formatting” akan membantu Anda dengan mudah memahami ketidakhadiran karyawan Excel melalui warna yang dapat Anda tentukan sendiri.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Oleh karena itu, proses pembuatan laporan absensi karyawan di Excel dapat disederhanakan dan menghemat waktu tanpa perlu menentukan atau mengubah warna secara manual.

Solusi Sistem Penggajian Otomatis Untuk Bisnis Anda

Isi setiap sel atau kolom di Excel dengan indeks yang Anda tentukan sebelumnya.

Cara menggunakan rumus COUNTIF di Excel. Rumus ini memungkinkan Anda menghindari penghitungan kehadiran setiap karyawan secara manual selama sebulan.

Berdasarkan gambar di atas, gunakan rumus =COUNTIF(C5:AF5;”H”) untuk mencari banyaknya kehadiran Adi dalam 1 bulan. Perlu diketahui, data kehadiran Adi ada pada sel/kolom C5 sampai AF5.

Untuk mencari total data dari data lain yang hilang, kamu ganti huruf “H” pada rumus COUNTIF di atas dengan indikator kehadiran apa pun yang diawali dengan I, C, S, dan A.

Apa Itu Microsoft Excel? Pengertian Dan Contoh 2024

Membuat daftar absensi karyawan di excel sepertinya sulit. Oleh karena itu, menggunakan perangkat lunak atau aplikasi online untuk kehadiran Anda adalah cara terbaik bagi perusahaan Anda.

Salah satu program web online terbaik yang harus Anda pilih. Aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis dan HR untuk memantau kinerja setiap karyawan, meskipun mereka bekerja di luar kantor.

Fitur presensi digital memiliki teknologi pengenalan wajah biometrik yang akurat sehingga karyawan tidak bisa tertipu.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Selain itu, aplikasi absensi Android juga memiliki banyak fitur canggih lainnya yang membantu departemen HR perusahaan dalam bekerja, antara lain kompensasi online, penjadwalan shift, time sheet online, kunjungan pelanggan, dan manajemen lembur.

Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan [+template Excel]

Hanya dengan satu aplikasi, seluruh tugas yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Jadi tunggu apa lagi? Coba aplikasi gratisnya sekarang!

Keterlibatan dan Disiplin Karyawan Absennya pekerja digital memudahkan pekerjaan tim HR 12 Maret 2021 | Baca selama 7 menit

Partisipasi dan Disiplin Pegawai Berikut Peraturan WFH Terbaru di Tim Sumber Daya Manusia Wilayah DKI Jakarta | 16 Februari 2022 | Baca selama 7 menit

Employee Engagement dan Disiplin Kehadiran Online: Ini Rekomendasi Tim HR Penyedia Layanan 18 Juli 2022 | Baca selama 7 menit

Penggunaan Skema Ter Untuk Hitung Pph 21, Apa Yang Berubah?

Aturan Kehadiran dan Disiplin Staf 14 Oktober 2021 | Baca selama 7 menit

Pelibatan pegawai dan tindakan disiplin atas ketidakhadiran ASN, dari kelompok SDM ringan hingga berat | 26 Juli 2023 | Baca selama 7 menit

Keterlibatan dan Disiplin Karyawan Cara Membuat Kehadiran Barcode untuk Menyederhanakan Manajemen SDM untuk Tim HR | 4 September 2023 | Baca 7 menit Membuat kehadiran otomatis di Microsoft Excel adalah pilihan efektif bagi HRD dan pemilik bisnis. Fitur dan kemampuan yang tersedia untuk mengelola data partisipasi dapat digunakan secara gratis.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Sebenarnya banyak sekali sistem absensi yang bisa diterapkan berbasis teknologi, seperti menggunakan tanda tangan manual.

Menghitung Gaji Karyawan Menggunakan Excel Vs Hris Software

Kartu identitas, aplikasi dan penggunaan Microsoft Excel yang hemat. Seperti yang kita ketahui, Microsoft Excel pasti tersedia di setiap perangkat komputer, sehingga Anda hanya memerlukan proyek proyek untuk menggunakannya untuk berpartisipasi.

Blokir semua kolom data yang ada yang masih kosong -> Klik menu Data di bagian atas Excel -> Pilih Validasi Data pada grup menu Data -> Pilih Daftar Centang pada kolom Izinkan -> kolom Sumber dengan huruf H, I, C, A dan Isi -> Klik OK

Saat ini H, I untuk izin, C untuk liburan, A untuk Alpha dan off untuk liburan karyawan. Anda juga dapat menambahkan kriteria lain yang diperlukan.

Jika mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda tidak perlu mengetikkan informasi kehadiran, klik kolom tanggal kehadiran maka akan muncul pilihan jenis absensi, sehingga data yang dimasukkan selalu sama dan terhindar dari kesalahan input. Contohnya adalah sebagai berikut

Cara Menghitung Thr Karyawan: Download Excel Gratis Di Sini

Memberi warna berbeda jika karyawan mempunyai hari libur, hari libur, alpha atau hari libur memudahkan Anda dalam mengontrol, mengelola dan memeriksa informasi. Berikut cara memberikan warna berbeda secara otomatis:

Biarkan semua bidang kehadiran kosong -> Pilih Conditional Formatting di menu beranda -> Pilih Sel Pilih Aturan -> Pilih Sama dengan -> Masukkan satu per satu untuk H, I, C, A dan Off dengan format warna berbeda -> Klik OK.

Klik kolom “Izinkan”, “Izinkan”, “Harus” dan “Alpha” pada pesan Jumlah di sebelah kanan dan masukkan rumus perhitungan otomatis di setiap kolom.

Rumus Excel Menghitung Absensi Karyawan

Dengan kemajuan teknologi, pengelolaan kehadiran karyawan kini bisa jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan Microsoft Excel. Selain mudah, informasi kehadiran karyawan lebih akurat berdasarkan real time, lokasi, dan foto.

Panduan Utama Untuk Template Kartu Waktu: Mempermudah Proses Pelacakan Waktu Anda

Karyawan dapat mengatur kehadirannya melalui ponsel, namun HRD atau pemilik usaha dapat memantau dari mana saja secara real time dan akurat hanya melalui website.

Aplikasi Absensi Online Aplikasi Absensi Karyawan Aplikasi Android Absensi Aplikasi iOS Aplikasi Absensi Android Aplikasi Absensi Online Aplikasi Presensi Online Aplikasi Penggajian Aplikasi Otomatis melalui Penggajian Aplikasi HR Aplikasi Pekerjaan Aplikasi Terbaru melalui Penggajian THR Tata Cara Kompensasi Aturan Pembayaran Cara Menghitung Data PPH 21 Pajak20ye Wajah Hitung contoh gaji pegawai THR yang menghitung kepribadian. Sistem Absensi Karyawan Online HR Software THR Idul Fitri THR Karyawan UMP DKI Jakarta 2024 Laporan Absen Penggajian Lembu merupakan salah satu laporan yang paling banyak digunakan oleh tim HR perusahaan. Karena kinerja dan tujuannya membantu mengoptimalkan kegiatan perusahaan. Oleh karena itu HR selalu disibukkan dengan daftar kehadiran karyawan setiap hari, bulan bahkan tahun.

Namun, banyak tim HR perusahaan yang masih kesulitan membuat laporan yang komprehensif dan efektif dengan data yang lengkap. Hal ini sangat disayangkan karena memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan input (

Laporan ketidakhadiran karyawan merupakan kumpulan data retrospektif mengenai jumlah karyawan yang hadir di perusahaan pada bulan tertentu. Data yang ditampilkan hanyalah waktu mulai pekerjaan hingga waktu selesai pekerjaan. Selain itu, pekerja yang tidak hadir juga dapat menyatakan bahwa ia tidak masuk kerja karena sakit, hari libur, atau tidak masuk kerja.

Cara Menghitung Gaji Prorata Karyawan

Informasi singkat namun rinci dalam laporan memberikan informasi tentang lokasi karyawan selama bekerja. Tim HR menggunakan laporan tersebut

Menghitung absensi karyawan dengan excel, cara menghitung absensi karyawan per bulan excel, rumus excel menghitung cuti karyawan, rumus excel rekap absensi karyawan, rumus excel untuk menghitung absensi karyawan, rumus excel if untuk absensi karyawan, cara menghitung absensi karyawan dengan excel, cara menghitung persentase absensi karyawan dengan excel, rumus excel untuk absensi karyawan, cara menghitung jam absensi karyawan dengan excel, rumus absensi karyawan excel, rumus excel menghitung gaji karyawan

Leave a Comment