Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa – Ilustrasi: Dehidrasi merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam kondisi cuaca yang tidak stabil. Jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. (Foto: Foto AFP / George Gobet)

Memenuhi kebutuhan air harian tubuh merupakan salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan di masa yang tidak menentu. Untuk itu, dokter mengingatkan Anda untuk tidak membiarkan tubuh mengalami dehidrasi.

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Meski Kementerian Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan baru akan tiba pada Oktober mendatang, namun kini iklim telah memasuki masa perubahan.

Kenali Gejala Dehidrasi Pada Saat Puasa, Bagaimana Cara Atasinya Dengan Tepat?

Dokter yang bekerja di RSUD Koya, Tanjung Priok, Kota Rosida berpesan agar tubuh mendapat cukup cairan saat musim hujan dan musim panas.

“Masalahnya bukan dehidrasi karena kalau dehidrasi bisa demam dan badan lemas. Apalagi di masa pandemi COVID-19 di masa yang tidak menentu ini,” jelas Siti Rosida.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh menggunakan atau kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk. Tubuh tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normalnya.

Rasa haus tidak selalu merupakan tanda pertama dehidrasi. Banyak orang, terutama lansia, tidak merasa haus hingga mengalami dehidrasi.

Cara Sederhana Mencegah Dehidrasi

Selain sekadar rasa haus, tanda dan gejala dehidrasi bisa berbeda-beda tergantung usia. Pada bayi atau anak kecil, gejalanya mungkin berupa mulut dan lidah kering, kurang air mata saat menangis, mata dan pipi cekung, serta kelelahan.

Sedangkan pada orang dewasa, gejala dehidrasi antara lain rasa haus berlebihan, sering buang air kecil, urine berwarna gelap, kelelahan, pusing, dan kebingungan.

Di sisi lain, gejala dehidrasi lainnya adalah tubuh gemetar, kata Dr. Luga Podesta, spesialis kedokteran olahraga di Bluetail Medical Group di Naples, Florida, AS.

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Air mempunyai kemampuan menahan panas, jadi jika Anda tetap terhidrasi, Anda tidak akan mudah masuk angin meskipun cuaca dingin.

Pahami Tanda Tanda Dehidrasi Pada Anak

Untuk mencegah tubuh kehilangan air, Rosida menganjurkan untuk minum air putih delapan gelas sehari. Namun, jika Anda banyak melakukan aktivitas fisik, makanannya akan lebih tinggi dari itu.

Selain minum air putih, menjaga kesehatan tubuh juga bisa mencukupi kebutuhan tidur Anda di malam hari. Rosida merekomendasikan tidur 6 hingga 8 jam (per malam).

“Bekerja lembur atau tidak tidur malam itu tidak baik karena metabolisme tubuh terjadi di malam hari. Jadi, kalau seseorang terbangun dalam waktu lama, bisa jadi ada masalah pada sistem livernya,” jelas Rosida.

Lakukan juga aktivitas fisik seperti olahraga ringan hingga sedang, kemudian lakukan sesuatu yang dapat meningkatkan mood, mengelola stres, merasa baik, bahagia, dan makan lebih banyak makanan sehat. . .dia makan. Ini berarti tubuh tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normal.

Membahas Tentang Bahaya Dehidrasi

Seseorang mengalami dehidrasi ketika cairan tubuh yang hilang tidak tergantikan. Siapa pun bisa menderita dehidrasi, namun kondisi ini sangat berbahaya bagi anak-anak dan orang lanjut usia. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dehidrasi agar kita bisa lebih berhati-hati dan berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan asupan air sehari-hari.

Rasa haus tidak selalu dijadikan sebagai tanda pertama bahwa tubuh perlu minum air. Kebanyakan orang tidak merasa haus sampai mereka mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk memperbanyak asupan air putih, terutama saat cuaca panas atau saat kita sedang melawan penyakit.

Dehidrasi pada anak ditandai dengan bibir dan lidah kering, tidak mengeluarkan air mata saat menangis, dan popok kering setelah 3 jam.Selain itu, rongga mata dan pipi cekung juga merupakan tanda dehidrasi.

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Gejala dehidrasi pada orang dewasa antara lain rasa haus berlebihan, penurunan frekuensi buang air kecil, dan urine berwarna gelap. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan kebingungan.

Dehidrasi Pada Bayi Dan Anak

Dehidrasi bisa disebabkan oleh hal sederhana seperti kurang minum air. Apalagi saat kita sedang sakit, sibuk dan minimnya akses air minum saat kita sedang bepergian atau berkemah. Selain itu, dehidrasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Diare yang parah dan kronis dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Jika diare disertai muntah, jumlah cairan yang hilang juga meningkat.

Seperti yang Anda lihat, saat Anda berkeringat, Anda kehilangan cairan tubuh. Ketika seseorang melakukan aktivitas yang sangat berat dan tidak menyerap cairan yang hilang secara seimbang, ia mengalami dehidrasi. Cuaca panas dan lembab meningkatkan jumlah cairan tubuh yang hilang melalui keringat.

Kondisi ini dapat terjadi pada diabetes yang tidak terkontrol atau tidak terdiagnosis. Beberapa obat dapat menyebabkan kondisi ini, seperti obat tekanan darah.

Tanda Dehidrasi Yang Anda Perlu Tahu

Perbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang mengandung air, seperti buah dan sayur, merupakan langkah umum yang harus dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan asupan air harian Anda. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang minum lebih banyak cairan dari biasanya, antara lain:

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti jatuh, serangan panas, syok hipovolemik, masalah ginjal dan saluran kemih. Disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

Selain itu, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, yakni 2,4 liter dan 3,1 liter per hari.

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

4 Langkah Sederhana Cegah Sakit Tenggorokan Saat Puasa 5 Cara Sederhana Meredakan Sakit Muntah di Rumah Pertolongan Pertama Luka Ringan Temui 3 P Penyakit Diabetes Melitus: Polidipsia, Poliuria dan Polifagia) terjadi ketika tubuh kehilangan banyak air. Ada lebih banyak jalan keluar daripada masuk. Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang kurang minum atau mengalami diare, muntah, keringat berlebih, atau buang air kecil berlebihan saat berolahraga. Dalam istilah medis, dehidrasi berarti seseorang kehilangan sejumlah cairan hingga tubuhnya kehilangan kemampuan untuk berfungsi secara normal sehingga menimbulkan beberapa gejala. Sampai titik tertentu tubuh menggunakan cairan yang tersedia seperti darah dan jaringan. Namun jika terjadi kekurangan air yang parah, banyak cairan yang tidak terpakai, maka orang tersebut mungkin mengalami syok hipovolemik, sehingga menyebabkan pasien kehilangan kesadaran dan meninggal.

Kenali Penyakit Diare

Setiap hari, manusia dan hewan mengeluarkan cairan dari tubuh melalui nafas, keringat, urin dan feses. Selain air, cairan tersebut mengandung sejumlah kecil garam atau elektrolit, terutama kalium dan natrium. Tubuh kita terus-menerus menyeimbangkan air dan elektrolit dengan atau tanpa itu. Ketika keseimbangan antara air dan garam elektrolit yang masuk dan keluar terganggu, tubuh kita kehilangan air. Jadi, saat tubuh mengalami dehidrasi, yang dibutuhkan tubuh bukan hanya air jernih (H2O), melainkan air yang mengandung banyak jenis garam elektrolit.

Dehidrasi dibagi menjadi 3 kategori atau tahapan: ringan, sedang dan berat. Dalam kasus dehidrasi ringan dan beberapa kasus dehidrasi sedang, keseimbangan air dan elektrolit dapat dipulihkan dengan meminum cairan elektrolit yang mengandung air dan garam elektrolit. Jika dehidrasi ringan dan sedang tidak diketahui dan diobati tepat waktu, maka akan berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu dehidrasi berat. Dehidrasi parah adalah kondisi yang mengancam jiwa.

Risiko dehidrasi pada orang dewasa berbeda dengan anak-anak. Faktor-faktor berikut meningkatkan risiko dehidrasi pada anak-anak:

Di sisi lain, anak-anak memiliki faktor risiko dehidrasi yang berbeda dibandingkan orang dewasa. Faktor-faktor berikut membuat orang lanjut usia berisiko mengalami dehidrasi:

Gejala Penyakit Diare, Penyebab Dan Tips Mencegahnya

Ada banyak situasi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kondisi medis, yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan dari waktu ke waktu, seperti:

Dokter memulai anamnesis dengan pasien dan keluarganya. Kemudian dilakukan pemeriksaan fisik terutama tekanan darah, suhu, denyut jantung dan pernafasan. Bila perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Apa yang sedang diuji?

Pada dehidrasi tahap awal atau dehidrasi ringan hingga sedang, tindakan pengobatan yang dapat dilakukan di rumah adalah sebagai berikut:

Penyebab Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Jika pasien dehidrasi datang ke rumah sakit, terutama dengan dehidrasi sedang atau berat, dokter tentu akan memasang infus untuk rehidrasi. Fluida yang umum digunakan adalah RL (

Tanda Tubuh Sedang Mengalami Dehidrasi, Pastikan Kamu Tidak Mengalaminya!

) pada tingkat yang sesuai dengan tingkat dehidrasi dan berat badan pasien. Jika suhu tubuh mencapai 40⁰C, dokter mendinginkan tubuh dengan berbagai cara, mulai dari memasang kipas angin, menurunkan suhu AC, mengompres, memandikan pasien. Jika keadaan membaik setelah menonton, biasanya mereka diperbolehkan pulang. Namun jika tidak, atau jika penyebab dehidrasi seperti diare perlu diobati, pasien akan dirawat di rumah sakit hingga keadaan kembali normal.

Jika Anda menyukai blog ini, silakan nikmati lebih banyak artikel yang akan dilanjutkan di blog ini pada tahun 2018. Klik di sini. Atau lihat blog tahun 2016. Klik di sini.

Dr. Indra K. Muhtadi adalah influencer kesehatan dan konsultan untuk berbagai pelatihan profesional di Indonesia. Di masa pandemi COVID-19, Dr. Indra bekerja sebagai Konsultan Adaptasi New Normal di beberapa perusahaan. Sebagai seorang dokter, ia tahu bagaimana menyampaikan ceramah kesehatan dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah untuk memahami masalah medis.

Klik di sini untuk berbicara dengan Dr. Indra Blog ini ditulis dalam bahasa Indonesia. Saya berharap blog-blog ini dapat membantu mereka yang sedang mencari informasi tentang topik-topik yang dibicarakan di radio. Jangan ragu untuk berkomentar dan jika Anda ingin konten versi bahasa Inggris dari buku-buku ini, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Fakta Mengenai Infeksi Lambung Yang Jarang Diketahui

Terima kasih telah mendukung upaya saya dan berbagi informasi saya. Terima kasih telah mendukung upaya saya dan berbagi pengetahuan saya

Ciri dehidrasi pada orang dewasa, mengatasi dehidrasi pada orang dewasa, ciri2 dehidrasi pada orang dewasa, tanda dehidrasi pada dewasa pdf, tanda dehidrasi pada orang dewasa, cara mengatasi dehidrasi pada orang dewasa, tanda2 dehidrasi pada dewasa, penyebab bau mulut pada orang dewasa, derajat dehidrasi pada dewasa, tingkat dehidrasi pada dewasa, penyebab leukemia pada orang dewasa, tanda tanda dehidrasi pada dewasa

Leave a Comment