Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin – Jika Anda mengalami gejala seperti bersin, hidung tersumbat, atau pilek, jangan langsung berasumsi bahwa Anda terkena flu. Sedangkan pada kasus lain, gejala seperti bersin, hidung tersumbat, atau pilek bisa disebabkan oleh rinitis alergi atau influenza (flu).

Rinitis alergi (rinitis) adalah peradangan pada mukosa hidung yang disebabkan oleh alergi terhadap zat tertentu. Rinitis alergi bisa dipicu oleh berbagai zat di lingkungan, seperti debu, bulu binatang, serbuk sari, tungau debu, jamur atau lumut, asap rokok, dan parfum. Beberapa pemicu yang dapat memperparah alergi antara lain bahan kimia, dingin, kelembapan, angin, polusi udara, hairspray, parfum, dan asap. Di Indonesia, prevalensi rinitis alergi mencapai 12,4% penduduk dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Sumber lainnya adalah angka 2 juta kasus rinitis alergi per tahun di Indonesia.

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Pilek biasa dikenal dengan sebutan pilek atau batuk dan pilek. Berbeda dengan rematik alergi, pilek merupakan infeksi yang disebabkan oleh beberapa virus atau bakteri yang menyerang hidung dan tenggorokan. Sedangkan pilek disebabkan oleh infeksi virus, terutama virus flu. Namun pilek di Indonesia sering disamakan dengan pilek, padahal penyebab dan gejalanya berbeda. Influenza sangat jarang terjadi dibandingkan dengan rinitis alergi dan influenza yang diperkirakan terjadi setahun sekali pada setiap orang.

Boleh Dicoba! 5 Obat Alergi Alami Yang Mudah Didapat

Bagaimana cara memisahkannya? Terkadang ada beberapa gejala. Demam, lelah, badan pegal-pegal? Mari kita lihat tabel di bawah ini mengenai perbedaan pilek, flu, dan alergi.

Jika Anda menderita flu biasa, rinitis alergi, atau flu, sebaiknya istirahat, banyak minum air putih, dan minum obat untuk meredakan gejalanya. Obat-obatan seperti dekongestan seringkali digunakan untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Alergi diobati dengan menghindari alergen dan mengonsumsi antihistamin untuk mengatasi gejala dan penyebab alergi. Kamu pasti masuk angin kan? Tahukah Anda kalau pilek bisa disebabkan oleh alergi selain infeksi? Jadi, mari kita cari tahu apa itu pilek alergi dan apa bedanya dengan pilek menular.

Dalam dunia kedokteran, rinitis alergi disebut dengan rinitis alergi. Dalam hal ini, flu terjadi ketika penderita bersentuhan dengan alergen (zat atau zat), seperti debu atau bulu binatang. Saat Anda menghirup alergen pemicu, sistem kekebalan menganggapnya berbahaya dan melepaskan senyawa yang disebut histamin sebagai respons perlindungan. Reaksi ini menimbulkan gejala alergi seperti pilek dan gatal-gatal.

Perbedaan utama kedua jenis flu ini adalah penyebabnya. Pilek menular disebabkan oleh penyakit virus atau bakteri, dan pilek alergi disebabkan oleh paparan alergen.

Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Untuk menghilangkan penyakit selesema alergi, Anda perlu menghindari penyebabnya. Sedangkan penyakit flu yang menular, terutama yang disebabkan oleh virus, tidak selalu memerlukan pengobatan. Anda harus istirahat yang cukup sampai infeksinya diobati.

Namun jika gejalanya sangat mengganggu, pilek bisa diobati dengan antihistamin, terutama untuk pilek alergi. Berikut beberapa cara mengobati pilek yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.

Untuk mengatasi rhinitis alergi, perlu menghindari berbagai pemicunya seperti debu, asap rokok, wol atau hewan peliharaan. Pemicu alergi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jika Anda tidak tahu apa pemicunya, Anda bisa melakukan tes alergi.

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Sementara ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah istirahat dan minum banyak air untuk melawan flu. Umumnya flu akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Pilek Karena Flu Atau Alergi, Kenali Perbedaannya!

Anda bisa menggunakan humidifier pada ruangan ber-AC untuk mengurangi jumlah ventilasi dan menjaga kebersihan udara. Biasakan mencuci tangan untuk mencegah virus flu atau debu.

Antihistamin umumnya digunakan untuk mengobati rinitis alergi. Obat ini bekerja dengan cara memblokir efek histamin, zat alami dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi.

. Antihistamin generasi terbaru ini lebih nyaman digunakan karena tidak membuat Anda mengantuk atau mengganggu aktivitas. Antihistamin lainnya, mis

Selain antihistamin, sekelompok obat bisa digunakan untuk meringankan gejala rinitis alergi. Namun jangan lupa bahwa anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui dan penderita penyakit khusus seperti penyakit ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum obat untuk pengobatan rinitis alergi.

Obat Alergi Dingin Paling Ampuh Di Apotik

Selain alergi dan infeksi virus, pilek juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti polip hidung dan sinusitis. Pilek mungkin muncul karena kelainan bentuk hidung.

Pilek akibat beberapa penyakit memerlukan penanganan medis sesuai dengan penyebabnya. Oleh karena itu, jika pilek Anda tidak kunjung membaik atau memburuk setelah beberapa minggu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Namun, tidak semua orang terkena flu karena alergi. Umumnya disebabkan oleh alergi, pilek ditandai dengan bersin terus-menerus, hidung tersumbat dan berair, serta kulit dan mata gatal. Jenis pilek ini disebut juga rinitis, yang terjadi saat Anda menghirup alergen. Faktanya, gejala pilek alergi dapat diobati dengan pengobatan dan berbagai cara alami lainnya. Lantas, apakah rhinitis alergi bisa diobati?

Jika flu disebabkan oleh infeksi virus, maka flu alergi diwujudkan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Apa itu alergi? Segala sesuatu yang menimbulkan reaksi alergi, seperti debu, serbuk sari, udara dingin, atau bulu binatang.

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Karena gejala pilek dan rinitis alergi mirip, banyak orang yang mengira keduanya sama. Padahal, pengobatan kedua penyakit ini berbeda. Apa bedanya pilek yang disebabkan oleh alergi dan pilek?

Cara Mengatasi Pilek Dan Bersin Saat Bangun Di Pagi Hari 0

Gejala lain yang mungkin terjadi antara lain kelelahan, sulit berkonsentrasi, pusing, dan penurunan kualitas tidur.

Ini secara otomatis mengganggu Anda dan mengganggu rutinitas Anda. Reaksi alergi ini perlu ditangani agar Anda bisa beraktivitas dengan nyaman.

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan pilek, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala jika pilek datang kembali. Yang utama adalah menghilangkan penyebab alergi. Namun, Anda tidak selalu bisa mengendalikan kondisi lingkungan.

Segala sesuatu di sekitar dapat menyebabkan alergi. Cara ini bisa dilakukan dengan mengingat kapan terakhir kali Anda mengalami alergi. Cari tahu apa yang membuat Anda bersin dan tiba-tiba masuk angin. Ini adalah sesuatu yang harus Anda singkirkan nanti. Pilek yang tiba-tiba menimbulkan gejala. “Selain itu, kita juga bisa melakukan tes alergi untuk mengetahui alergi apa yang kita miliki, sehingga bisa menghilangkan pemicunya,” kata dokter tim Irma Lidia.

Tidak Selalu Karena Ingus, Ini Penyebab Hidung Tersumbat Di Malam Hari Yang Membuat Sulit Tidur

Cuaca dingin adalah penyebab paling umum dari pilek. Salah satu cara terbaik untuk melawan alergi akibat pilek dan flu adalah dengan menggunakan pelembab ruangan untuk menjaga kelembapan lendir di hidung. Jika ingin berolahraga di luar ruangan saat cuaca dingin, Anda bisa menggunakan masker ketat untuk menutupi mulut.

Karena debu dan partikel ada di mana-mana di udara, termasuk di rumah, semua jenis furnitur perlu dibersihkan secara teratur. Usahakan untuk mencuci jendela, lantai dan televisi, serta membersihkan AC dan kipas angin sebelum berdebu. Jika perlu, kenakan masker untuk mencegah debu masuk ke hidung.

Cara ini sangat efektif jika Anda tinggal di dekat taman atau banyak pohon. Menutup jendela di rumah Anda akan mengurangi kemungkinan masuknya serbuk sari.

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Salah satu penyebab paling umum dari rinitis alergi adalah tungau debu. Serangga ini hidup di sudut-sudut rumah, di furnitur empuk, kasur bahkan bantal. Oleh karena itu, minimal seminggu sekali, sprei, bantal dan guling harus dicuci bersih dengan air panas. Ganti juga bantal dan sarung bantal setiap enam bulan sekali.

Cara Paling Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain cara alami di atas, pilek akibat alergi juga bisa diobati dengan obat-obatan. Sebagian besar gejala alergi dingin dapat diobati atau diatasi dengan antihistamin.

Berikutnya, ada kelompok obat yang membantu meredakan hidung tersumbat akibat peradangan pada hidung, yang dapat digunakan sebagai obat bersin akibat alergi hidung. Ingatlah bahwa anak-anak, ibu hamil dan menyusui serta penderita penyakit khusus sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. Jangan menggunakan obat ini lebih dari 3 hari tanpa anjuran dokter, karena dapat memperburuk rhinitis.

“Untuk rinitis alergi, sering digunakan kortikosteroid (nasal), dekongestan, atau antihistamin, atau kombinasi keduanya. Tergantung tingkat keparahan, frekuensi kambuh, dan jenis obat yang digunakan,” tambah dr Irma.

Ini adalah bentuk kekebalan yang terakhir. Ketika pengobatan lain tidak terlalu efektif dalam menghilangkan alergi atau menyebabkan terlalu banyak efek samping pada tubuh, biasanya digunakan imunoterapi sendiri. Imunoterapi sendiri dapat dilakukan dalam berbagai tingkatan, yakni dengan memasukkan alergen ke dalam tubuh.

Rinitis Alergi: Pilek, Bersin Alergi

Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa pilek yang disebabkan oleh alergi berbeda dengan gejala flu. Karena penyebabnya berbeda, pengobatan kedua kondisi ini juga akan berbeda.

Gejala flu alergi dapat diatasi dengan cara alami atau obat yang dijual bebas. Meski cara terbaik mengatasi pilek alergi adalah dengan menghindari alergennya, Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk meringankan gejalanya. Selain cara di atas, kurangi gejalanya dengan rutin mengonsumsi vitamin penambah kekebalan tubuh seperti Holisticare Ester C Efferscent (Rs. 54.375).

Ingin informasi kesehatan yang terpercaya? Daftarkan email Anda dengan Ngowee. Unduh aplikasinya untuk menemukan suplemen dan vitamin untuk Anda. Ini tersedia melalui Google Play Store dan App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya darinya.

Hidung Tersumbat Karena Alergi Dingin

Artikel Sebelumnya 4 Latihan untuk Mengurangi Stres Artikel Berikutnya Seberapa akurat BMI dalam mengukur berat badan ideal?

Konka Hidung Membengkak, Mungkin Itu Penyebab Hidung Sering Tersumbat

Suplemen yang Anda pesan merupakan hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan Anda. Menggunakan teknik pembelajaran mesin, ini membantu memenuhi kebutuhan Anda berdasarkan pertanyaan yang Anda jawab melalui aplikasi. Selain itu, karena Anda dapat berlangganan, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli lagi. Dan jangan khawatir

Cara mengatasi hidung tersumbat karena alergi dingin, alergi dingin hidung tersumbat, mengatasi hidung tersumbat karena alergi dingin, hidung tersumbat karena alergi, hidung tersumbat karena cuaca dingin, obat alergi dingin hidung tersumbat, alergi udara dingin hidung tersumbat, mengatasi hidung tersumbat karena alergi, hidung tersumbat karena dingin, cara mengatasi hidung tersumbat karena dingin, obat hidung tersumbat karena alergi dingin, obat hidung tersumbat karena alergi

Leave a Comment