Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin – Pemerintah berencana memblokir ponsel B alias pasar gelap atau ponsel yang diimpor ke Indonesia tanpa tanda terima. Melalui regulasi IEI (International Obile Equipment Identity), aturan pemblokiran ponsel B di Indonesia rencananya akan dimasukkan dalam Peraturan Dalam Negeri (Peren) yang akan disetujui oleh tiga kementerian: Kementerian Perindustrian (Keenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Koinfo) dan Kementerian Perdagangan (Keendag) pada -17 Agustus 2019, atau HUT RI ke-74.

“Pada bulan Agustus rencananya akan diterbitkan tiga peraturan enteri yaitu peraturan enteri Koinfo, peraturan enteri Industri dan peraturan enteri Perdagangan, namun bukan ketiga SKB enteri tersebut, melainkan enteri asing yang akan menandatangani peraturan enteri tersebut sesuai ruang lingkup dan peranannya” , kata CEO Suber Tenaga dan Perangkat Pos dan Informatika (Direktur SDPPI) kepada kantor Koinfo

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Peraturan IEI ini merupakan kelanjutan dari Peraturan Tingkat Kandungan Nasional (TKDN) yang telah ditetapkan sebelumnya. Produsen smartphone wajib menyertakan 30% komponen lokal pada perangkatnya untuk bisa laku di pasar Indonesia.

Aturan Imei, Cara Pemerintah Berantas Ponsel Ilegal

FYI, nomor IEI yang terdaftar di Keenperin akan digunakan untuk memblokir ponsel B. Oleh karena itu, ponsel yang tidak mendaftarkan nomor IEI-nya dengan ID Keenperin akan diblokir oleh operator seluler. Oleh karena itu tidak dapat digunakan.

Namun Kinfrin menegaskan melalui pengakuan di akun Instagram miliknya, ponsel ilegal yang dibeli sebelum 17 Agustus tidak akan langsung diblokir. Berdasarkan informasi Kementerian Perindustrian, ponsel B yang dibeli sebelum 17 Agustus 2019 akan “diputihkan” dalam jangka waktu tertentu.

Whitewash ini merupakan kesepakatan untuk mendaftarkan nomor ponsel IEI mereka di database Keenperin agar di kemudian hari ketika aturan tersebut diberlakukan. Ponsel mereka tidak akan diblokir Selain itu, pemilik ponsel masih belum familiar dengan istilah ‘pemblokiran’. IMEI Lagi International Mobile Equipment Identity atau IMEI, IMEI adalah 15 digit angka yang mengidentifikasi ponsel milik seseorang. Beberapa operator seluler mungkin menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi jenis perangkat yang terhubung ke jaringan mereka.

Pemerintah Indonesia mewajibkan IMEI seluruh ponsel yang digunakan di Tanah Air harus didaftarkan ke bea cukai. Untuk mengecek keaslian ponsel Anda, segera periksa IMEI di bea cukai.

Cek Imei Hp Anda Di Imei.kemenperin.go.id Sebelum Menyesal

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah gencar memerangi penjualan ponsel ilegal dari luar negeri. Ponsel-ponsel tersebut biasanya masuk ke pasar Indonesia tanpa bea masuk. Salah satu cara untuk mengendalikan ponsel ilegal tersebut adalah dengan mendaftarkan IMEI-nya ke bea cukai.

Jika IMEI ponsel yang dimilikinya tidak terdaftar di database pemerintah maka ponsel tersebut akan ditandai tidak valid, akibatnya akses ponsel ke jaringan seluler akan diblokir dan muncul pesan “tidak ada layanan” atau “tidak ada layanan”. ” akan muncul. Tentu saja hal ini tidak diinginkan setiap pemilik. Sebab, ponsel mereka tidak bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS, dan browsing internet.

Karena efek tersebut maka sangat penting bagi mereka yang baru membeli ponsel dari luar negeri untuk mencatat IMEInya jika berniat membeli ponsel dari orang lain Khususnya dari luar negeri, periksa dulu IMEInya di bea cukai untuk mengetahui apakah barang tersebut yang Anda beli adalah sah. Jangan sampai Anda mengeluarkan banyak uang tapi ponsel Anda tidak berfungsi karena ilegal.

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Ada dua cara cek IMEI di Indonesia yang bisa dilakukan oleh pemilik ponsel. Cara pertama adalah melalui gudang pabean. Sedangkan jalur kedua melalui database Kementerian Perindustrian (Kamanferin).

Imei Tidak Terdaftar Di Database Kemenperin, Ini Yang Harus Anda Lakukan

Bedanya, IMEI yang terdaftar di database bea dan cukai merupakan hasil registrasi penumpang yang membawa perangkat dari luar negeri. Biasanya Anda harus check in langsung di bandara untuk mengecek IMEI bea cukai di www.beacukai.go .id/cek -imei.html

Sedangkan IMEI yang terdaftar di database Kementerian Perindustrian merupakan hasil registrasi badan hukum. Biasanya ponsel yang terdaftar di Kementerian Perindustrian adalah ponsel yang bisa dibeli di toko online atau di Israel. Oleh karena itu, database IMEI di Bea Cukai berbeda dengan database Kementerian Perindustrian. Anda dapat memeriksa IMEI di situs web. imei.kemenperin.go.id

Perlu diketahui, bagi yang mendaftarkan IMEI di bandara, dapat mengecek sendiri status pendaftarannya secara berkala. Jika ponsel yang didaftarkan masih tidak dapat mengakses jaringan seluler Anda dapat menunggu 2×24 jam setelah pendaftaran. Namun bagaimana jika ponselnya masih tidak bisa mengakses jaringan seluler saat ini? Mereka bisa menghubungi call center Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Kemenkominfo) di nomor 159

Sementara itu, bagi Orang Asing (WNA) yang berada di Indonesia dalam jangka waktu paling lama 90 hari dan ingin mengakses jaringan telekomunikasi, wajib mendaftarkan IMEI ponselnya di tempat penjualan penyedia jasa telekomunikasi tersebut.

Download Cek Imei Kemenperin Android On Pc

Untuk memastikan ponsel yang Anda bawa dari luar negeri berstatus legal, segera periksa di bea cukai. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pengecekan IMEI di bea cukai sangat penting dilakukan untuk memastikan ponsel yang Anda gunakan tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Jika Anda sering melakukan transaksi keuangan lintas negara terutama saat membeli gadget. Pastikan Anda mengirim uang melalui aplikasi terpercaya, misalnya: dengan Globe, layanan ini hadir untuk membuat transfer uang ke luar negeri menjadi praktis, mudah, dan tanpa biaya tersembunyi.

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Setiap pengguna dapat memeriksa status transaksinya secara real time. Pembaruan status transaksi dikirim secara berkala melalui email atau diperiksa langsung melalui aplikasi. Pengirim tidak perlu khawatir kehilangan uang. Jadi tunggu apa lagi? Unduh aplikasinya sekarang dan rasakan kemudahan perbankan di lebih dari 55 negara di seluruh dunia.

Mau Beli Hp? Cek Dulu Di Imei.kemenperin.go.id Atau Menyesal

6 tips memilih investasi untuk anak muda 6 cara berinvestasi reksa dana untuk pemula Catatan: 8 universitas di Selandia Baru menawarkan beasiswa! Ingin menjadi supplier baju import? Periksa semuanya di sini dulu. Untuk melihat biaya pengobatan BPJS Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi! JAKARTA (ANTARA) – Pengguna ponsel pintar di Indonesia kini bisa mengecek legalitas perangkat selulernya di situs resmi Kementerian Perindustrian.

Setelah menemukan nomor IMEI ponsel, masukkan pada kolom yang ada di website. imei.kemenperin.go.id Kemudian klik ikon kaca pembesar. Jika ponsel sudah terdaftar maka akan muncul pesan “IMEI sudah terdaftar di database Kementerian Perindustrian”.

Ismail, Direktur Sumber Daya Pos dan Peralatan Informasi Kementerian Perhubungan dan Penerangan mengatakan, pembaruan database IMEI masih terus dilakukan. Meski aturan tersebut belum berlaku.

Saat ditanya nomor IMEI yang belum terdaftar, Ismail menjelaskan, saat ini atau aturannya belum berlaku, meski nomor IMEI tidak terdaftar, tidak ada masalah.

Cara Cek Imei Iphone Dengan Mudah Dan Sederhana Agar Tetap Terjaga Kelegalannya, Coba Sekarang

“Hari ini semua ponsel yang dibeli masyarakat akan diperhitungkan. Meski belum ada informasi, namun saat ini tidak ada masalah,” kata Ismail saat dihubungi Antra.

Kementerian belum bisa memastikan kapan perintah itu akan ditandatangani. Tapi aku punya tujuan bulan ini. Dengan memanfaatkan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus.

Dulu, “Cominfa” mengusulkan agar keputusan ini mulai berlaku 6 bulan setelah keputusan para menteri ditandatangani. Setelah diterapkan, aturan IMEI tidak akan berlaku dan perangkat yang dibeli di luar negeri sebelum kebijakan tersebut berlaku tidak akan diblokir.

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Kementerian saat ini sedang mempersiapkan delapan hal sebelum peraturan IMEI berlaku. Termasuk database IMEI yang kuat, sinkronisasi dengan operator seluler. dan layanan rumah tangga

Cara Cek Nomor Imei Di Semua Merek Hp Dan Situs Imei.kemenperin.go.id

Baca selengkapnya: Ada kekhawatiran kebijakan pemblokiran IMEI akan mengganggu sektor pariwisata dengan mengganggu fungsi dasar layanan kami. Pengguna setuju untuk mengizinkan Xiaomi mengumpulkan, memproses, dan menggunakan data pribadi. Hal ini mencakup namun tidak terbatas pada topik tertulis, komentar, opini, balasan yang tercakup dalam perlindungan Xiaomi dan jenis informasi terkait yang tercantum dalam Kebijakan Privasi Xiaomi. Dengan memilih “Saya setuju”, Anda menyetujui Kebijakan Privasi dan Kebijakan Konten Xiaomi

Seiring berjalannya waktu, Xiaomi yang tadinya terabaikan kini menjadi salah satu produsen ponsel terlaris.

Hal ini juga berdampak pada dunia telekomunikasi di Indonesia, salah satunya adalah penjualan telepon seluler. Tidak bisa dipungkiri penjualan di Indonesia begitu besar sehingga pabrikan besar seperti Samsung, Lenovo, dan Xiaomi rela berinvestasi di Indonesia untuk meningkatkan penjualan dan mendukung industri lokal melalui TKDN.

Meningkatnya penjualan ponsel di pasar gelap juga dipengaruhi oleh tren ponsel di Indonesia, untuk itu Kementerian Perindustrian telah membuat website yang dapat membantu pengguna atau calon pembeli ponsel untuk mengecek keaslian produk yang dibeli dengan cara pengecekan. IMEI perangkat apakah sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian atau tidak. Untuk mengeceknya, kunjungi https://kemenperin.go.id/ime.

Cara Cek Status Imei Hp Terdaftar Atau Tidak

Jaminan distributor tidak resmi karena kurangnya data merupakan satu-satunya jaminan yang diberikan oleh distributor resmi Erajaya, namun jika tidak tercantum bukan berarti tidak sah. Distributor tidak resmi masih membayar pajak MIIW…

Oke bagi yang membeli Xiaomi secara online dan bukan dari toko resminya. Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu di sini sebelum memberi peringkat pada penjual.

Seiring berjalannya waktu, Xiaomi yang terabaikan menjadi produsen ponsel terlaris. Hal ini juga berdampak pada dunia media di Indonesia. Salah satunya adalah menjual ponsel. Tidak bisa dipungkiri penjualan di Indonesia begitu besar sehingga pabrikan besar seperti Samsung, Lenovo, dan Xiaomi rela berinvestasi di Indonesia untuk meningkatkan penjualan dan mendukung industri lokal melalui TKDN untuk membantu pengguna atau calon pembeli ponsel untuk memverifikasi keaslian produknya / Dibeli dengan memeriksa IMEI perangkat apakah terdaftar di Kementerian Perindustrian atau tidak. . Untuk mengeceknya, kunjungi https://kemenperin.go.id/ime. Berikut tampilan website Kemenperin: Screenshot di atas adalah contoh perangkat Mi resmi yang terdaftar di Kemenperin. Puluhan nomor tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai nomor identifikasi perangkat dan dijadikan acuan untuk mengetahui apakah iPhone dijual secara resmi atau ilegal (pasar gelap).

Cara Mengecek Imei Terdaftar Di Kemenperin

Kutipan dari , (12/2/2022) Perjalanan sekali jalan.

Cara Cek Imei Kementerian Perindustrian, Pastikan Hp Kamu Terdaftar

Cek imei terdaftar kemenperin, cara cek imei yang terdaftar di kemenperin, cara mengecek imei di kemenperin, imei yang terdaftar di kemenperin, cara mengecek imei terdaftar, cara cek imei terdaftar di kemenperin, imei belum terdaftar di kemenperin, jika imei iphone tidak terdaftar di kemenperin, cek imei terdaftar di kemenperin, cara cek imei hp terdaftar di kemenperin, imei tidak terdaftar di kemenperin, cara cek imei terdaftar kemenperin

Leave a Comment