Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel – – Mau tahu cara membuat Google Form Excel yang simpel dan tidak ribet? Jangan khawatir karena kami akan membicarakannya secara detail di artikel ini. Google Form merupakan salah satu platform yang sering digunakan sebagai alat survei.

Bahkan, platform ini sering digunakan sebagai sarana pendaftaran ketika ingin mengikuti kontes atau event tertentu. Sayangnya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara melakukannya. Bagi yang masih bingung, simak panduannya berikut ini.

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Cara Membuat Google Form Excel di HP dan Laptop1. Cara termudah membuat Google Form Excel di HP Android

Membuat Nilai Per Kd Atau Per Mata Pelajaran Di Google Form

Pada awalnya banyak yang mengira bahwa Google Form hanya bisa dibuat oleh pengguna yang paham dan benar-benar memahami bahasa pemrograman populer saat ini. Atau mereka yang memiliki perangkat portabel.

Namun jangan khawatir karena Google Form Excel dapat dibuat dengan media yang berbeda-beda. Salah satunya dengan mengandalkan aplikasi khusus yang kini banyak tersedia di Internet.

Salah satu nama aplikasi yang dimaksud adalah Forms App for Google Form. Aplikasi dapat diunduh gratis langsung dari Playstore tanpa berlangganan sebelumnya.

Cara membuat Google Form Excel menggunakan aplikasi ini sangat sederhana dan tidak ribet. Bagi mereka yang baru memulai, lihat opsi berikut:

Pembuatan Gform & Pivot Tabel Sebagai Teknik Pengumpulan Data Peminjaman Alat Lab Jur Gizi By Repositori Perpustakaan Bapelkes Cikarang

Selesai, Google Form yang Anda buat sudah selesai. Salin tautan yang ada dan bagikan untuk menyelesaikan survei.

Bagi yang ingin membuat survei Google Form di perangkat selain ponsel, Anda dapat dengan mudah menggunakan komputer dan laptop tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan terlebih dahulu.

Panduan ini direkomendasikan karena akan memberikan hasil Google Form yang lebih baik dan tentunya lebih detail. Untuk mulai membuat Google Form Excel dengan cara ini, ikuti panduan berikut ini:

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Selain menggunakan link di awal, Anda juga bisa membuat Google Form dari platform Google Drive. Cara membuat Google Form menggunakan cara ini lebih sederhana.

Cara Impor Hasil Google Form / Spreadsheet Ke Excel

Cara membuat Google Form dengan cara ini relatif lebih lengkap dan jelas memberikan kustomisasi yang cukup bagi pengguna.

Wajar jika cara ini banyak digunakan oleh semua pengguna. Siapkan saja koneksi internet untuk menyelesaikan tutorial yang telah kami siapkan dengan baik.

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa membuat Google Form yang Anda inginkan menggunakan Excel. Cara ini khusus bagi yang tidak memiliki akun Gmail namun memiliki akun Microsoft.

Cara membuat Google Form Excel sangat sederhana. Ada beberapa opsi lain yang bisa digunakan. Tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini. bagaimana menurut anda Apa yang paling mudah dilacak Cara import hasil Google Form/Spreadsheet ke Excel Rumus Excel [.] com – Google Form atau Google Formulir adalah alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi dengan mudah dan efisien, baik itu merencanakan acara, mengirim permintaan. , membuat soal untuk siswa, membuat PPDB online atau bahkan membuat kuis. Hasil Google Form biasanya disimpan sebagai Google Spreadsheet.

Cara Untuk Mencetak Tanggapan Dari Google Forms

Untuk memindahkan hasil Google Form ke Excel biasanya anda mendownloadnya dalam format Excel (XLSX) atau CSV, buka dan proses dengan Microsoft Excel, jika ada update/data baru di Google Form maka perlu: Ulangi untuk mendownload lagi.

Pada tutorial Power Query ini kita akan mempelajari cara import data Google Form ke Excel, sehingga nantinya kita tidak perlu mendownloadnya berulang kali setiap kali muncul data baru, namun cukup mengupdate data yang dibuat dengan Power Query Excel.

Hasil dari Google form ini dapat diolah lebih lanjut dalam tabel pivot atau tabel excel sesuai kebutuhan Anda. Contoh hasil pengolahan data dari Google form menjadi excel dapat Anda lihat pada gambar animasi berikut:

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Untuk memudahkan pemahaman tutorial cara import hasil Google Form/Spreadsheet ke Excel ini, saya telah menyediakan video tutorial di akhir tutorial ini. Berikut langkah-langkah mentransfer hasil dari Google Form/Spreadsheet ke Excel:

Cara Membuat Google Form Di Hp & Laptop: Panduan Lengkap (update 2022)

Buka kembali Google Form yang Anda buat dan buka tab Responses, lalu klik ikon Google Sheets untuk membuat sheet baru yang berasal dari Google Form dan beri nama sesuka Anda.

Kemudian pada tampilan Google Spreadsheet yang berasal dari respon Google Form, pilih menu “Share” dan aktifkan link Google Spreadsheet Share, tujuannya agar nantinya Google Spreadsheet dapat dibuka tanpa login.

Kemudian pilih menu “File” – Download – Comma Separated Values ​​​​(.csv, halaman saat ini). Tujuannya adalah untuk mengambil link download tabel dalam format CSV, yang nantinya akan digunakan sebagai URL sumber di Power Query.

Di browser Anda, buka menu Unduh, klik kanan file CSV yang diunduh, dan klik Salin URL.

Pengertian Google Form Dan 5 Manfaatnya Untuk Dunia Pendidikan

Update Juli 2020 Beberapa waktu yang lalu, terjadi update pada link download Google Spreadsheet CSV yang menyebabkan crash atau error saat mengimpor langsung ke Power Query Excel. Ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Misal URL tabelnya adalah: csv, maka URL yang dimasukkan pada permintaan feed adalah: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1kH8uixNiKZNBnnNdPSvKqJ62qjFThBw-nWOHsdTAr_c/export?format=csv

Buka aplikasi Microsoft Excel, pilih tab Data – Dari Web dan tempelkan URL yang disalin ke dalam kotak URL dan klik OK.

Jika muncul opsi Akses Konten Web. Kemudian klik saja Hubungkan. Ini biasanya terjadi saat pertama kali Anda mengakses URL baru menggunakan Power Query.

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Di Editor Power Query, misalnya, jika Anda tidak memerlukan kolom TimeStamp, Anda bisa langsung menghapusnya dengan mengklik kanan dan memilih Hapus.

Perbedaan Google Sheets Dan Microsoft Excel Yang Wajib Diketahui

Anda kemudian dapat menambahkan kolom bernomor otomatis dengan memilih Tambahkan Kolom – Kolom Indeks dari menu 1.

Jika pengolahan data sudah selesai, cukup pindahkan ke lembar excel dengan memilih menu Beranda – Tutup & Muat – Tutup & Muat ke.

Pada opsi Impor Data, pilih Tabel dan pilih Lembar Kerja yang Ada jika Anda ingin data ditampilkan sebagai tabel di lembar kerja, namun jika ingin diproses langsung sebagai PivotTable, Anda bisa memilih Laporan PivotTable.

Hasilnya akan menampilkan tabel hasil survei energi yang dikembangkan dengan data yang berasal dari hasil Google Spreadsheet dari tanggapan Google Form.

Ini Cara Mudah Survei Online Dengan Google Form

Jika itu data terbaru dari Google Sheets, Anda hanya perlu memperbarui formulir web Excel yang menangkap respons spreadsheet di Google Sheets. Anda tidak perlu menjadi seorang pengembang atau mengetahui cara membuat situs web untuk mengikuti panduan ini.

Berikut formulir super sederhana yang saya buat hanya dengan beberapa klik: Jawaban akan ditabulasikan menggunakan Google Sheets.

Berikut tiga ide tentang bagaimana Anda bisa menggunakan formulir web sederhana untuk mengambil data penting dan menyimpannya langsung di spreadsheet:

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Di akhir tutorial ini, Anda akan dapat membuat formulir masukan Anda sendiri dan mendapatkan masukan gratis menggunakan Google Spreadsheet. Ayo mulai.

Tips Mengatasi Masalah Link Google Form Yang Tidak Bisa Dibuka

Ingin mempelajari cara membuat formulir entri web; Atau bagaimana cara memaksimalkannya? Tonton rekaman screencast di bawah ini yang akan memandu Anda melalui prosesnya. Saya akan menunjukkan cara membuat formulir, membagikan tautan, dan menilai tanggapan.

Mari kita mulai dengan membuat formulir pertama kita. Anda memerlukan akun Google untuk mengikuti panduan ini. Jika Anda belum membuat Akun Google, mulailah dengan membuka beranda Google Drive. Untuk memulai, Anda dapat masuk ke akun Google yang ada atau membuat akun Google gratis.

Kemudian lanjutkan dengan membuat sheet baru di akun Google Drive Anda dengan cara klik New > Google Sheets > Blank Sheet.

Setelah Anda masuk ke Google Drive, buka Baru > Google Spreadsheet > Blank Sheet untuk membuat sheet baru; Setelah itu kita akan menambahkan bentuknya.

Cara Membuat Tabel Di Google Sheet Atau Spreadsheet

Yang terbaik adalah memulai dari awal pada halaman respons formulir baru. Ini secara otomatis akan membuat tabel untuk penulisan respon instan pada halaman yang Anda buat.

Untuk menambahkan formulir tertaut ke halaman Anda, buka menu Sisipkan > Formulir untuk menambahkan formulir pertama Anda.

Halaman tersebut sekarang akan membuka pembuat formulir yang memungkinkan Anda memasukkan pertanyaan Anda ke dalam formulir. Pertanyaan pembuka adalah pengganti pertanyaan pilihan ganda.

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat kotak Deskripsi Formulir. Saya akan melanjutkan dan mengisi formulir ini untuk mengingatkan diri saya dan pengunjung akan tujuan formulir ini.

Google Sheets: Membersihkan Data

Anda akan ingat bahwa saya sebutkan di awal panduan ini bahwa tidak diperlukan keahlian pemrograman. Pembuat formulirnya hebat, Anda dapat membuat kombinasi pertanyaan pilihan ganda untuk menemukan apa yang ingin Anda ketahui.

Pembuat formulir beradaptasi dengan berbagai jenis pertanyaan. Untuk mengubah jenis pertanyaan, klik area yang ditampilkan sebagai Pilihan Ganda pada gambar di atas.

Seperti yang Anda lihat, formulir dapat berisi berbagai jenis pertanyaan. Ini termasuk tanggapan langsung, seperti tanggal atau waktu, atau tanggapan terbuka terhadap suatu bagian. Mari jelajahi beberapa jenis pertanyaan paling berguna yang dapat Anda gunakan di formulir Google Spreadsheet:

Saat Anda menggunakan pertanyaan jenis ini, Anda mengizinkan audiens untuk memasukkan sesuatu yang sebelumnya tidak ada dalam formulir. Pada gambar di bawah ini saya mengajukan pertanyaan dan membiarkan penonton menjawab.

Input Data Excel Online

Opsi pilihan ganda digunakan untuk menentukan daftar pilihan yang telah ditentukan sebelumnya dan memungkinkan pengguna untuk memilih dari pilihan yang ada.

Seperti yang Anda lihat di bawah, Anda masih mengajukan pertanyaan kepada audiens Anda. Anda hanya membatasi jawaban yang diperbolehkan.

Pilihan drop-down sangat mirip dengan pilihan ganda. Anda memberi pengunjung sejumlah pilihan untuk dipilih, dan Anda hanya dapat memilih satu.

Cara Membuat Data Dari Google Form Ke Excel

Saya sangat menyukai opsi skala linier, yaitu seperti penggeser yang memungkinkan Anda menetapkan nilai untuk menunjukkan minat atau kepuasan.

Cara Membuat Kuesioner Untuk Survey Di Google Formulir

Anda bisa membayangkan menggunakan opsi ini untuk menarik minat seseorang. Pada slide dibawah ini yang saya sediakan

Cara memindahkan data dari google form ke excel, cara menyimpan data google form ke excel, excel data entry form, form input data excel, cara membuat google form ke excel, cara mengolah data google form ke excel, cara memindahkan data google form ke excel, cara mengambil data google form ke excel, cara memasukkan data dari google form ke excel, cara membuat google form excel, cara membuat google form dari excel, excel ke google form

Leave a Comment