Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop – Sebelumnya, kita membahas alat konferensi video terbaik. Jadi kami merekomendasikan aplikasi Google Meet. Tapi, bagaimana cara menggunakan Google Meet?

Hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Menggunakan Google Meet adalah pilihan terbaik, terutama bagi mereka yang tidak ingin tunduk pada batas penggunaan 40 menit seperti aplikasi seperti Zoom.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Menariknya, Google Meet bisa digunakan di laptop dan ponsel untuk menunjang WFH atau pembelajaran jarak jauh Anda.

Download Aplikasi Google Meet Di Laptop

Google Meet adalah alat yang dikembangkan oleh Google untuk mengadakan konferensi video. Aplikasi Google Meet kini menjadi bagian dari G Suite, yang telah berganti nama menjadi Google WorkSpace.

Ini adalah deskripsi Google Meet, alat produktivitas dan kolaborasi. Tak heran jika Google Meet sering digunakan di kalangan pekerja kantoran, kegiatan belajar online, dan webinar pada umumnya.

Google Meet adalah layanan gratis yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video pribadi atau grup menggunakan Akun Google. Menariknya, alat konferensi ini bisa digunakan untuk video call atau rapat yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Perlu menginstal Google Meet terlebih dahulu? Tidak dibutuhkan. Jika Anda menggunakan laptop atau desktop, Google Meet bisa langsung digunakan di browser. Sedangkan untuk pengguna Android, Google Meet biasanya terinstal secara otomatis. Jadi, gunakanlah.

Cara Menjadwalkan Meeting Di Google Meet

Apapun browser dan sistem operasi yang Anda gunakan, cara menggunakan Google Meet di laptop adalah dengan login ke layanan Google Meet. Caranya ketikkan URL https://meet.google.com/ dan akan muncul tampilan berikut:

Seperti yang Anda lihat, antarmukanya sangat sederhana di mana Anda dapat langsung memasukkan kode rapat untuk memulai rapat atau bergabung dalam rapat.

Perlu diketahui bahwa tampilan ini hanya untuk mereka yang tidak masuk dengan akun Google. Memang dengan berbagai keterbatasan. Misalnya, Anda hanya bisa bergabung ke rapat yang dibuat dengan akun Google lain, Anda tidak bisa ngobrol dan merekam rapat.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Untuk menggunakan Google Meet, Anda harus masuk terlebih dahulu dengan Akun Google untuk mendapatkan semua manfaat aplikasi ini.

Tips Dan Cara Menggunakan Google Meeting Di Laptop

Untuk melakukan ini, klik Masuk dan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda seperti yang Anda lakukan pada akun Google lainnya. Atau jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya sendiri. Nah, setelah sukses, tampilannya akan seperti ini:

Jika Anda adalah pihak yang memulai rapat, Anda dapat membuat rapat baru dengan mengklik Rapat Baru atau Mulai Rapat, tergantung bahasa laptop yang Anda gunakan.

Semua pembaruan rapat akan dilakukan di aplikasi Google Meet, kecuali Anda menjadwalkannya di Kalender, rapat akan ditransfer ke aplikasi Kalender seperti ini:

Sebaliknya, jika Anda hanya seorang peserta, Anda dapat mengikuti langkah-langkah menggunakan Google Meet di komputer ini dengan memasukkan kode yang diterima dari penyelenggara rapat.

Cara Buat Link Google Meet Di Laptop & Pc 2024

Dalam dua kasus di atas, Anda kini dapat mengakses halaman rapat utama Google Meet. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda mengizinkan penggunaan kamera dan laptop Anda.

Langkah-langkah menggunakan Google Meet di laptop ini wajib dilakukan karena jika situasinya tidak memungkinkan, Anda akan kesulitan berkomunikasi dalam rapat. Hal ini sering dialami oleh peserta konferensi ketika mengalami gangguan audio atau visual.

Saya senang! Anda telah berhasil terhubung ke Google Meet dan siap mengikuti rapat. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan semua fiturnya.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Jika Anda pengguna Android, Anda bisa melewati langkah menggunakan Google Meet di ponsel ini karena hampir semua vendor sudah menginstal aplikasi Google Meet di ponsel ini.

Cara Mudah Menggunakan Google Meet

Pengecualiannya adalah Anda menggunakan perangkat Android buatan Huawei atau Amazon. Anda dapat menginstal Google Meet melalui aplikasi Play Store atau aplikasi lain yang disediakan oleh aplikasi.

Khusus pengguna iOS, mengunduh aplikasinya wajib dilakukan sebelum menggunakan Google Meet. Untuk melakukannya, buka AppStore, ketik Google Meet, lalu unduh dan instal.

Setelah aplikasi diinstal, Google Meet di ponsel Anda akan mudah digunakan. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang benar dengan membuka aplikasi Google Meet dan mencari ikon di kanan atas.

Selanjutnya Anda akan ditanya apakah ingin membuat rapat baru atau menjadwalkan rapat dengan Google Kalender.

Cara Pakai Filter Animasi Di Google Meet

Jika Anda ingin segera memulai rapat, akan muncul layar berikut yang menandakan bahwa rapat baru siap dimulai:

Anda dapat mengundang orang lain secara langsung dengan memasukkan alamat email mereka atau dengan membagikan link rapat melalui Pesan atau platform lain.

Sementara itu, jika ingin menjadwalkan, Anda akan diarahkan ke aplikasi Kalender untuk mengisi detail rapat peserta lainnya secara lengkap:

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Cara menggunakan Google Meet di ponsel selanjutnya adalah dengan bergabung dalam rapat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melihat daftar jadwal rapat di layar lebar. Contohnya adalah sebagai berikut:

Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Google Baru Untuk Pemula

Di halaman utama, Anda dapat mencari jadwal rapat dan memasukkan kode rapat yang diterima untuk bergabung ke rapat. Masukkan kode tersebut pada kolom pencarian atau kode.

Saat Anda siap untuk bergabung dalam rapat, pastikan mikrofon dan kamera Anda dihidupkan. Klik Izinkan pada popup yang muncul tergantung pada ponsel yang Anda gunakan.

Kemudian, Anda akan mendapatkan halaman pertemuan seperti di bawah ini dengan detail Akun Google Anda yang terkait dengan Google Meet.

Bagi Anda yang menggunakan Google Meet untuk wawancara kerja atau pelatihan online, mungkin belum tahu kalau kelebihan Google Meeting adalah memungkinkan video call secara bersamaan dengan banyak peserta.

Unduh Google Meet Di Pc

Jika Anda membutuhkan peserta lebih banyak, maksimal 50 orang, Anda perlu berlangganan paket berbayar dengan batas waktu 24 jam. Paket yang direkomendasikan antara lain:

Penggunaan Google Meet cocok untuk semua peserta, termasuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran atau bicara dan audio.

Fitur ini disebut Live Caption, yaitu fitur yang menampilkan teks di layar berdasarkan percakapan. Meskipun fitur ini penting, sayangnya fitur ini belum tersedia dalam semua bahasa dan masih dalam versi beta. Misalnya, versi bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan beta mencakup bahasa Belanda, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rumania, Rusia, dan banyak lagi.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Ingin menggunakan Google Meet di laptop atau ponsel? Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakannya di semua perangkat tersebut. Karena Google Meet kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda.

Google Meet: Panggilan Konferensi Video Dan Web Online

Untuk laptop, Anda bisa mendapatkan alat ini di Windows, MacOS, Chrome OS, dan Linux. Di ponsel, Anda dapat menggunakannya di Android, iOS, dan lainnya

Menariknya, spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya sangat rendah yakni RAM 1GB untuk desktop dan 512MB untuk mobile.

Anda tidak perlu khawatir untuk tetap percaya diri dalam setiap pertemuan. Google Meet memiliki fitur pratinjau sebelum bergabung ke rapat. Untuk melakukan ini, Anda dapat menampilkan pratinjau video dan audio yang digunakan.

Dengan bantuan Google Forum, Anda akan mengetahui apakah Anda berpenampilan bagus atau suara Anda jernih. Jika belum, Anda masih mempunyai kesempatan untuk memperbaikinya sebelum Anda datang ke pertemuan tersebut. Jadi, Anda terlihat lebih siap menghadapi pertemuan tersebut.

Aplikasi Zoom Dan Google Meet Untuk Webinar Dan Cara Penggunaannya

Dibandingkan aplikasi konferensi video lainnya, aplikasi Google Meet memungkinkan pengguna mengubah format tampilan. Oleh karena itu, Anda dapat fokus pada layar pembicara untuk fokus pada berbagai hal, atau Anda tetap ingin melihat semua peserta terlibat.

Menggunakan Google Meet dapat membantu Anda membuat rapat yang lebih interaktif. Hal ini akan membuat pertemuan lebih menyenangkan dan mengurangi stres. Salah satunya, dengan fitur berbagi layar.

Anda dapat menampilkan layar laptop dan ponsel Anda atau menunjukkan pekerjaan Anda secara online kepada guru di kantor atau sekolah. Dan opsi yang dapat dibagikan bervariasi dari layar penuh, tab individual, atau seluruh desktop.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Selain itu, Anda juga dapat lebih banyak berinteraksi dengan peserta lain menggunakan jalur obrolan. Oleh karena itu, baik peserta yang ingin memberikan masukan tanpa mengganggu presentasi maupun peserta yang mengalami kendala audio tetap dapat berpartisipasi dalam pertemuan yang sedang berlangsung.

Cara Membuat Link Google Meet Dengan Praktis Dan Mudah

Bagaimana jika Anda siap pergi ke rapat, namun hanya sedikit orang yang hadir karena Anda lupa?

Itu sebabnya menghubungkan dengan aplikasi lain seperti Kalender atau Gmail membantu rapat bekerja lebih baik. Dari memberikan informasi 10 menit sebelum rapat hingga memberikan informasi singkat tentang rapat dan pesertanya.

Tentu saja, Anda dapat menghubungkan Google Maps dengan aplikasi pihak ketiga seperti Slack, Miro, dan Figma. Misalnya, Slack akan mengirimkan pesan jika/ketika ada pertemuan terjadwal.

Tips menggunakan Google Meet yang pertama adalah memperhatikan pencahayaan di sekitar Anda saat memasuki rapat. Jika Anda merasa gelap sejak pandangan pertama sebelum mengikuti konferensi video Anda, lebih baik pindah ke tempat dengan pencahayaan yang lebih baik.

Cara Buat Akun Google Dari Komputer Dan Hp, Mudah Dan Cepat

Perhatikan juga apakah background layar yang Anda gunakan sudah benar. Anda ingin bermain di konferensi atau webinar baik untuk tujuan estetika, kesesuaian, dan branding.

Sebab, jika Anda tidak bisa melihat isi presentasi secara utuh karena terhalang grid peserta rapat, Anda tidak akan bisa memahami informasi yang disajikan.

Di sisi lain, jika Anda menjalankan rapat di Google Meet sebagai administrator, penting bagi Anda untuk mengetahui siapa peserta rapat.

Cara Membuat Akun Google Meet Di Laptop

Jika Anda bekerja sebagai pembawa acara atau pembicara konferensi, ada baiknya Anda memanfaatkan pesan. Fitur ini membantu untuk menanyakan atau mengkonfirmasi pertanyaan tanpa mengganggu presentasi yang sedang berlangsung.

Cara Merekam Meeting Di Google Meet Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Cara menggunakan Google Meet di laptop atau ponsel untuk bertanya adalah dengan menggunakan fitur Angkat Tangan. Jika Anda diizinkan untuk berbicara, diamlah dan bicaralah.

Kiat praktis tentang cara menggunakan Google Meet ini akan memastikan konektivitas internet terbaik di wilayah Anda. Penting agar suara Anda tidak melemah selama presentasi.

Selain itu, bisa dipastikan video presentasi akan terlihat bagus dan tidak pixelated karena kualitasnya akan menurun tergantung kecepatan internet saat ini.

Diantara berbagai keunggulan Google Meet adalah: Dapat menjadi tuan rumah

Cara Membuat Link Google Meet Untuk Rapat Online

Cara membuat akun baru di google meet, cara membuat background google meet di laptop, cara membuat google meet di laptop, cara membuat akun meet google, cara membuat akun di google meet, cara ganti akun google meet di laptop, cara membuat google meet, cara membuat room google meet di laptop, google meet di laptop, cara membuat link google meet di laptop, cara membuat jadwal google meet di laptop, cara buat link google meet di laptop

Leave a Comment