Cara Bikin Akun Google Scholar

Cara Bikin Akun Google Scholar – 18 Juni 2022 22:23 18 Juni 2022 22:23 Diperbarui. 18 Juni 2022 22:30 1260 0 0

Bagi seorang akademisi atau siapa pun yang bekerja di dunia penerbitan ilmiah, akun Google Cendekia adalah suatu keharusan. Sebab, penggunaan akun Google Cendekia ini melacak karya para sarjana dan peneliti tersebut.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Cara Bikin Akun Google Scholar

Seperti yang Anda ketahui, Google Scholar merupakan bagian dari Google sebagai mesin pencari dunia maya. Google Scholar mengkhususkan diri dalam pencarian data terkait publikasi ilmiah baik berupa jurnal ilmiah, tesis, tesis, buku, dan dokumen nonfiksi lainnya.

Siapkan Ranking Internasional; Pascasarjana Adakan Pelatihan Google Scholar

Ketika kita menulis tesis atau disertasi di suatu universitas dan universitas tersebut mengunggah karya kita, maka otomatis karya atau makalah kita akan muncul di pencarian Google Scholar. Sehingga dengan bantuan Google Scholar kita bisa mencari berbagai data ilmiah yang kita perlukan.

Bagaimana cara membuat atau menyiapkan akun Google Cendekia? Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat akun Google Scholar menggunakan ponsel atau gadget.

Pertama, kita mencari Google Scholar di mesin pencari Google biasa. Atau Anda bisa langsung masuk ke Scholar.google.com. Kami telah diarahkan ke halaman berikut:

Pada halaman ini kita diminta memasukkan informasi seperti nama, afiliasi, email afiliasi. alamat, bidang minat dan alamat situs afiliasi. Afiliasi yang dimaksud di sini adalah nama institusi tempat kita berada, seperti nama universitas tempat kita belajar/menghadiri, nama sekolah tempat kita mengajar, nama institusi/kantor tempat kita bekerja, dan lain-lain. . . Pada

Google Cendekia Adalah: Pengertian Dan Cara Menggunakan

Selanjutnya kita dapat menghubungi pihak universitas untuk melakukan verifikasi akun Google Scholar yang telah kita daftarkan dengan alamat email universitas seperti diatas.

Klik tanda tambah (+) di tengah seperti pada gambar. Setelah mengklik, kita akan diminta untuk memilih model atau metode untuk menambahkan sesuatu secara manual atau otomatis. Lihat gambar di bawah ini.

Ini adalah cara membuat akun Google Scholar dan menambahkan daftar artikel yang kita tulis baik berupa jurnal ilmiah, tesis atau tesis. Saya harap ini bermanfaat. Cara Mudah Membuat Akun Google Scholar_ Halo para pengguna internet, semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat akun Google Scholar. Jadi, saya harap Anda dapat membaca artikel ini sampai akhir untuk memahami tata cara membuat akun Google Cendekia. Oke langsung saja kita mulai dengan langkah pertama membuat akun Google Scholar.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Sebelum Anda dapat membuat akun Google Cendekia, Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Gmail (email) Anda.

Cara Mendapatkan Google Scholar Id Dalam 5 Menit

Sekarang Anda sudah masuk ke akun Google Anda, klik Google Penelusuran menggunakan kata kunci “Google Cendekia” seperti yang ditunjukkan pada contoh gambar di bawah ini.

Atau bisa langsung klik link ini https://scholar.google.co.id/. Setelah mengklik link tersebut maka akan muncul gambar seperti berikut.

Jika Anda melihat gambar seperti di atas, klik tulisan “profil saya” di pojok kiri atas.

Nah, jika Anda mengklik tulisan “profil saya” di pojok kiri atas, seperti terlihat pada gambar, Anda akan melihat gambar berikut:

Pdf) Pelatihan Google Scholar Mahasiswa Cendekia Di Pondok Pesantren Alif Lam Mim

Jika Anda melihat gambar seperti di atas, ketikkan saja judul artikel atau nama Anda pada bilah pencarian untuk mencari artikel yang pernah Anda terbitkan bersama penerbit jurnal, lalu klik kotak kecil di samping artikel Anda. seperti pada contoh gambar di atas. Jika Anda belum menerbitkan artikel, pilih terlebih dahulu artikel orang lain (dengan komentar untuk membantu Anda membuat akun Google Cendekia terlebih dahulu). Kemudian klik panah putih di dalamnya

Pada langkah terakhir ini, pilih “Terapkan pembaruan secara otomatis” dan klik Selesai. dan akun Google Cendekia Anda sudah siap.

Untuk menambahkan foto profil Anda ke akun Google Cendekia yang Anda buat, klik ikon kamera kecil dengan tanda panah di atas dan pilih foto resmi.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Klik ikon panah diatas, jika ingin menambahkan artikel secara manual, pilih “tambah artikel secara manual”. Bagi Anda yang belum mengetahui cara mendaftar Google Scholar. Baca artikel ini. Karena disini kami akan memberikan informasi mengenai cara mendaftar di Google Scholar. Caranya sangat sederhana lho. Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mari kita pelajari lebih lanjut tentang Google Scholar.

Gimana Sih Google Scholar Itu? Aindhae.com Aindhae

Sebelum Anda mempelajari cara mendaftar ke Google Cendekia, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami apa itu Google Cendekia.

Google Cendekia, juga dikenal sebagai Google Cendekia. Google merupakan layanan khusus untuk pencarian artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini dapat berupa artikel jurnal, makalah penelitian, dan lain-lain.

Artikel ilmiah di Google Scholar sangat beragam. Pasalnya semua jurnal tersebut berasal dari semua universitas dan institusi di seluruh dunia, sehingga jurnal apa pun bisa Anda cari di Google Scholar.

Perlu Anda ketahui bahwa Google Scholar sangat memudahkan untuk berkonsultasi jurnal berbahasa Inggris atau jurnal berbahasa Indonesia. Tidak ada batasan sumber daya, dan yang terpenting, Anda dapat mengakses layanan Google Cendekia secara gratis. Tentunya sebelum kita mempelajari cara mendaftar Google Scholar, kita perlu mengetahui lebih dulu tentang Google Scholar.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Jadi perlu diketahui bahwa Google Cendekia dan Google.com berbeda. Layanan Google Scholar ini umumnya hanya digunakan oleh para sarjana seperti peneliti, guru dan siswa untuk mencari karya ilmiah.

Sangat disayangkan masih banyak pelajar di Indonesia yang belum mengetahui layanan yang sangat bermanfaat ini. Siswa lebih fokus pada google.com karena belum mengetahui tentang layanan Google Scholar atau Google Cendekia.

Meskipun banyak staf kami yang belum mengenal layanan ini, Google Cendekia telah tersedia sejak tahun 2004. sejak 20 November dan digunakan sebagai perpustakaan online untuk mencari berbagai karya ilmiah seperti jurnal dan artikel akademis dari seluruh dunia.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Bagi yang membutuhkan publikasi majalah, segera hubungi tim kami. Klik Whatsapp di bawah ini.

Cara Membuat Akun Google Scholar Dengan Sso Telkom University

Sebelum Anda mendaftar ke Google Cendekia, perhatikan persyaratan dan kebutuhan yang perlu Anda persiapkan. Misalnya saja penyiapan data pribadi, namun juga penawaran bidang keilmuan. Dan yang paling penting, pastikan koneksi internet Anda stabil. Berikut cara mendaftar Google Scholar dengan cepat dan mudah:

Anda juga dapat menambahkan foto profil ke akun Google Cendekia yang Anda buat dengan mengklik ikon kamera di foto profil Anda.

Cara daftar akun Google Scholar sudah kami beritahukan, bagaimana caranya mudah sob? Oke langsung saja kita ke pembahasan selanjutnya tentang pencarian jurnal di Google Scholar.

Setelah mendaftar Google Scholar, pembahasan selanjutnya adalah tentang cara download jurnal ke Google Scholar yang perlu Anda ketahui. Lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Pdf) Profil Publikasi Dan My Citation Dalam Google Scholar: Membuat Akun Google Scholar

Selain cara mendaftar Google Scholar, kita juga perlu mengetahui manfaat Google Scholar. Kelebihan Google Scholar adalah Anda dapat melihat jurnal ilmiah yang tidak perlu ditanyakan lagi. Sumbernya sangat lengkap dari seluruh universitas atau institusi di seluruh dunia dan tentunya Google Scholar juga bisa dikonsultasikan secara gratis.

Google Scholar memudahkan untuk meneliti apa yang sedang dilakukan teman Anda saat ini karena banyak sekali referensi yang berkualitas dan tentunya berdasarkan apa yang Anda butuhkan.

Hal pertama yang akan Anda baca di Cara Mendaftar Google Cendekia adalah layanan gratisnya. Fitur menarik dari Google Scholar adalah Anda dapat mengaksesnya secara gratis. Baik Anda mencari majalah secara offline atau dari perpustakaan online, Anda akan dikenakan biaya berlangganan. Hal inilah yang membuat Google Cendekia begitu populer di kalangan cendekiawan dan guru di seluruh dunia.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Google Scholar adalah kumpulan ilmiah yang sangat komprehensif di mana Anda dapat mencari jurnal di bidang apa pun dari para ilmuwan dan lembaga di seluruh dunia. Tidak ada batasan dan Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur bahasa, yang berarti kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk menerima majalah berkualitas.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Dengan Mudah!

Jadi, jika Anda hanya mengingat nama penulis jurnal saja, Anda bisa langsung mencarinya di kolom pencarian, karena Google Scholar dengan cerdas menampilkan data tentang karya penulis yang Anda cari.

Anda mungkin bingung karena terlalu banyak halaman yang ditampilkan, tentunya Google Scholar dapat menggunakan fungsi filter data, Anda dapat menemukan karya tulis berdasarkan tahun terbitnya (paling lama dalam empat tahun terakhir).

Anda tahu bahwa menggunakan fitur ini sangat sederhana. Anda hanya perlu masuk ke menu dan memilih tahun yang Anda inginkan atau cari. Terakhir, Anda dapat mencari artikel ilmiah berdasarkan rentang waktu. Dan semuanya masih ada di menu tahun lalu, atur saja berdasarkan tanggal dan selesai.

Ada metode seperti MLA, APA dan ISO 690 yang bisa Anda gunakan saat menyiapkan jurnal. Cukup copy paste ke kertasmu, mudah kan?

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Google Scholar

Jadi jika Anda memiliki akun Google Scholar, Anda akan menerima informasi tentang artikel dan koleksi terbaru Google Scholar dengan mengaktifkan fitur notifikasi. Informasi ini dikirim langsung ke akun email yang Anda berikan saat sebelumnya mendaftar Google Cendekia.

Kurang tepat rasanya jika kita hanya membahas cara mendaftar Google Scholar dan manfaatnya saja. Meskipun Google Scholar menawarkan banyak fitur dan koleksi jurnal yang lengkap, ternyata Google Scholar juga mempunyai kekurangan.

Kekurangan ini telah dicatat oleh beberapa sumber yang mencari jurnal internasional. Ada beberapa website pemasok majalah yang dapat diakses secara gratis. Artinya jika ada pengguna yang ingin dirujuk dari situs tersebut, maka harus mendaftar terlebih dahulu di situs tersebut dan berlangganan.

Cara Bikin Akun Google Scholar

Baiklah sobat mungkin cukup sekian sedikit pembahasan mengenai cara mendaftar Google Scholar. Semoga pembahasan kami kali ini dapat membantu permasalahan teman-teman dan semoga artikelnya

Daftar Google Scholar

Cara membuat akun google scholar, cara buat akun di google scholar, cara masuk google scholar, daftar akun google scholar, cara buat akun google scholar, cara mendaftar di google scholar, cara membuat akun google scholar untuk mahasiswa, cara menggunakan google scholar, cara membuat akun di google scholar, bikin akun google scholar, cara buat google scholar, akun google scholar

Leave a Comment