Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar – Deskripsi: Sebuah penelitian yang mengamati hampir 80.000 wanita selama 24 tahun menemukan hubungan antara siklus menstruasi yang tidak teratur dan kesehatan wanita. (Foto: Thinkstock/9nong)

Haid yang tidak teratur merupakan salah satu indikator kesehatan seorang wanita. Studi terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara menstruasi tidak teratur pada wanita dan peningkatan risiko kematian dini.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ ini mengamati hampir 80.000 wanita tanpa penyakit jantung, kanker, atau diabetes. Para peneliti memantau kesehatan mereka selama 24 tahun.

Minum Es Saat Haid Bikin Darah Membeku, Benarkah?

Akibatnya, wanita dengan menstruasi tidak teratur memiliki angka kematian lebih tinggi dibandingkan wanita dengan menstruasi teratur pada rentang usia yang sama.

Secara khusus, wanita berusia 18-22 hingga 29-46 tahun yang dilaporkan memiliki siklus menstruasi 40 hari atau lebih lebih besar kemungkinannya untuk meninggal sebelum waktunya pada usia 70 tahun dibandingkan wanita dengan siklus menstruasi 26 hingga 31 hari.

Para peneliti menemukan bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur dan panjang dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit kronis seperti kanker ovarium, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, dan masalah kesehatan mental yang meningkatkan risiko kematian dini.

Hasil penelitian ini memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti usia, berat badan, gaya hidup, kontrasepsi dan riwayat keluarga.

Fakta Haid Yang Wajib Diketahui Wanita, Apa Saja?

Namun penelitian ini menunjukkan bahwa wanita dengan siklus menstruasi yang panjang dan tidak teratur tidak perlu khawatir dengan hasil tersebut. Daripada khawatir, wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur disarankan untuk menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup sehat.

“Data ini mendukung diagnosis gejala dan patologi menopause di masa depan sebagai indikator hasil kesehatan jangka panjang dan memberikan peluang tepat waktu untuk menerapkan strategi pencegahan guna meningkatkan kesehatan wanita sepanjang hidup,” kata ginekolog Jacqueline Maybin, yang mengomentari penelitian tersebut. CNN.

Penelitian ini bersifat observasional dan mungkin telah menetapkan korelasi, bukan hubungan sebab akibat, antara siklus menstruasi yang tidak teratur atau berkepanjangan dan kematian dini. Faktor lain yang tidak terukur dapat mempengaruhi hasil. “Menstruasi tidak teratur tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan hal ini, mulai dari penyakit tiroid hingga kista.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

, Jakarta. Bagi wanita yang sudah menikah, terlambat menstruasi seringkali dikaitkan dengan kehamilan. Padahal, menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyakit serius.

Menstruasi Tidak Teratur: Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi

Menstruasi yang tidak teratur atau lambat, cepat atau lamanya selama beberapa bulan menunjukkan beberapa masalah kesehatan. Lalu apa saja penyebab haid tidak teratur? Simak ulasannya di bawah ini!

Penelitian di atas dilakukan selama pandemi COVID-19 dengan partisipasi 210 perempuan. Akibatnya, 54 persen wanita mengalami ketidakteraturan menstruasi di awal COVID-19 akibat stres.

Mereka mengalami periode menstruasi yang lebih lama dengan gejala yang lebih parah. Hal ini bisa terjadi akibat tingginya tingkat stres yang menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol.

Hormon stres yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon seks yang mengontrol siklus menstruasi sehingga menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

Penyebab Haid Tidak Lancar Pada Remaja, Sering Disepelekan

Penyakit pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Di dalam tubuh, kelenjar ini berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Oleh karena itu, jika kelenjar tiroid mengalami gangguan dan tidak berfungsi dengan baik, salah satu akibatnya adalah terganggunya siklus menstruasi.

Lalu apa saja gejala disfungsi tiroid? Lain-lain, rambut rontok, kelelahan, rasa berat, dan fluktuasi yang kuat dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya.

PCOS juga dapat menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi. Penyakit apa itu PCOS? Menurut Institut Kesehatan Nasional AS, PCOS adalah kelainan hormonal dan metabolisme dalam tubuh yang menyebabkan disfungsi ovarium. Selain itu, kondisi ini nantinya bisa memicu terganggunya siklus menstruasi.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Sayangnya, penyebab pasti dari PCOS masih belum diketahui. Namun, ada dugaan kuat bahwa penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain. Misalnya sindrom metabolik atau resistensi insulin.

Penyebab Haid Berkepanjangan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab haid tidak teratur lainnya bisa disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi, seperti alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) atau pil KB. Kedua alat kontrasepsi ini dapat menyebabkan perubahan perdarahan antar menstruasi.

Mengonsumsi pil KB yang mengandung progestin dapat mempengaruhi tingkat hormon dalam tubuh. Oleh karena itu, siklus menstruasi bisa menjadi tidak teratur.

Ingin tahu pil KB mana yang aman untuk berat badan dan kulit Anda? Baca artikel ini “Ini rekomendasi pil KB yang tidak akan membuat Anda gemuk dan berjerawat.”

Ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Dua hormon berperan di sini. Pertama, hormon estrogen yang mempengaruhi kesuburan dan siklus menstruasi.

Wanita Sulit Hamil Karena Menstruasi Tidak Teratur, Apa Sebabnya?

Jadi jika ada masalah pada salah satu hormon tersebut, maka akan mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan. Jadi mengapa hormon-hormon ini tidak seimbang? Ada berbagai faktor seperti stres, obesitas atau terlalu kurus.

Khusus pada wanita yang relatif muda (sampai usia 20 tahun), keterlambatan menstruasi disebabkan oleh kurangnya pematangan jalur hormonal dari otak ke ovarium. Kabar baiknya adalah keadaan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Apakah penyakit ini masih belum diketahui? Amenore merupakan gangguan reproduksi pada wanita. Salah satu gejalanya adalah tidak adanya menstruasi pada saat haid atau saat haid.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Ada dua jenis amenore: primer dan sekunder. Kondisi primer adalah kondisi dimana seseorang tidak mengalami menstruasi hingga usia 16 tahun.

Bahan Aja Bisa Bikin Haid Nggak Sakit😍😍

Sedangkan tipe kedua terjadi ketika wanita dalam usia subur (tidak hamil) namun tidak menstruasi lagi 3-6 bulan setelah menstruasi terakhirnya.

Gaya hidup tertentu juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Misalnya, jika seseorang berolahraga secara berlebihan atau kehilangan banyak berat badan, hal ini dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

Cari tahu apa itu siklus menstruasi yang normal dan apa yang tidak melalui artikel Catatan, Inilah Perbedaan Siklus Menstruasi Normal dan Tidak Normal.

Ingin tahu gejala kanker rahim pada stadium awal? Salah satunya adalah pelanggaran siklus menstruasi. Tapi kalau sudah stadium lanjut lain ceritanya. Pasien mungkin mengalami pendarahan yang sangat banyak. Bahkan, perdarahan menstruasinya lebih banyak dari biasanya.

Kapan Batas Telat Haid? Ini 12 Penyebab Telat Haid 3 Bulan Dan Cara Melancarkan

Perlu diketahui bahwa gejala kanker rahim pada stadium awal bukanlah gejala pada akhir menstruasi. Ada juga gejala lain seperti mual, badan lelah ringan, penurunan berat badan, dan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan badan.

Penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 juga dapat menyebabkan haid atau haid tidak teratur. Alasannya jelas, kadar gula darah yang tidak stabil dapat mempengaruhi perubahan hormonal. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan haid tidak teratur atau terlambat.

Hubungan karakteristik siklus menstruasi pada masa reproduksi dan faktor gaya hidup terhadap risiko diabetes tipe 2.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Akibatnya, seseorang yang mengalami menstruasi tidak teratur memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibandingkan seseorang yang memiliki siklus menstruasi teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar insulin sehingga menyebabkan resistensi insulin.

Minum An Pelancar Haid

Penyakit celiac merupakan penyakit autoimun yang disebabkan oleh konsumsi gluten. Saat tubuh mengonsumsi gluten, sistem kekebalan tubuh bereaksi dan merusak lapisan usus kecil. Oleh karena itu, bila usus halus rusak maka penyerapan zat gizi menjadi terbatas (gangguan penyerapan zat gizi) sehingga menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau terlambat bisa terjadi karena adanya kista, khususnya kista ovarium. Tumor jinak ini bisa menimbulkan gejala lain, seperti nyeri hebat saat menstruasi.

Anda juga dapat menemukan berbagai cara untuk menghentikan puasa haid di artikel ini. Berikut adalah berbagai cara aman untuk menghentikan puasa haid.

Padahal, penting bagi setiap wanita untuk rutin mencatat siklus menstruasinya. Tujuannya jelas – untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal. Sebab ada beberapa siklus menstruasi yang perlu Anda ketahui, seperti:

Tanda Nyeri Haid Yang Berbahaya

Inilah berbagai penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui. Nah, jika kamu sering mengalami masalah ini, sebaiknya simak tips agar haid lancar di artikel kali ini, Ladies, Ingin Tahu Cara Mempercepat Haid? Ini 9 tipsnya.”

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter reproduksi berpengalaman ✔️ untuk mengetahui penyebab haid tidak teratur. Anda dapat mengunduh aplikasinya untuk mendapatkan solusi dan pengobatan yang tepat secara instan.

Tautan: Jalur Kesehatan. Penerimaan 2023. Mengapa menstruasi terlambat: 8 kemungkinan alasannya. Klinik Mayo. Akses 2023. Menstruasi: Apa yang Normal dan Apa yang Tidak. Institut Kesehatan Nasional – MedlinePlus. Masukan 2023. Sentuh. Institut Kesehatan Nasional – MedlinePlus. Akses 2023. Sindrom ovarium polikistik. Berita medis hari ini. Akses 2023. Apa Penyebab Perubahan Siklus Menstruasi? Berita medis hari ini. Pendahuluan 2023. Apa yang perlu diketahui tentang masa menginap tanpa batas? Jurnal kesehatan wanita. Akses 2023. Pengaruh stres pada siklus menstruasi selama pandemi virus corona 2019: sebuah studi eksplorasi. Diabetes dan endokrinologi. Akses 2023. Hubungan Karakteristik Siklus Menstruasi Pada Masa Reproduksi dan Faktor Gaya Hidup dengan Risiko Diabetes Tipe 2. Dokter keluarga Amerika. Akses pada tahun 2023. Perdarahan uterus abnormal berhubungan dengan kontrasepsi hormonal., Jakarta. Wanita dengan menstruasi tidak teratur memiliki peluang hamil lebih rendah dibandingkan wanita dengan menstruasi teratur. Wanita dengan menstruasi tidak teratur mempunyai masa ovulasi yang tidak menentu. Seringkali, ketika wanita dengan menstruasi tidak teratur mencoba untuk hamil, mereka menghadapi banyak ketidakpastian.

Akibat Datang Bulan Tidak Lancar

Haid yang tidak teratur bukan berarti Anda tidak sesubur wanita lain yang selalu mendapat menstruasi tepat waktu. Namun jika jadwal haid Anda masih tertunda, segera temui dokter ya? Berikut beberapa hal yang dapat mengganggu jadwal siklus menstruasi wanita.

Kesan Haid Tidak Teratur Pada Kesihatan Wanita

Berat badan berlebih pada wanita memicu perubahan hormonal, sehingga wanita yang mengalami obesitas berisiko terlambat menstruasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Saat seorang wanita mengalami stres, bagian otak yang mengontrol siklus menstruasi pun terganggu. Akibatnya terjadi keterlambatan siklus menstruasi dan penambahan berat badan.

Sebab datang bulan tidak lancar, apa akibat tidak datang bulan, akibat tidak datang bulan, solusi datang bulan tidak lancar, akibat datang bulan tidak teratur, jamu datang bulan tidak lancar, obat datang bulan tidak lancar, datang bulan tidak lancar, mengapa datang bulan tidak lancar, mengatasi datang bulan tidak lancar, kenapa datang bulan tidak lancar, penyebab datang bulan tidak lancar

Leave a Comment